1

Imunisasi Measles Rubella (MR)

Ditulis 2022-10-03 12:28:17

Measles Rubella (MR)


Campak merupakan penyakit yang sangat mudah menular yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui batuk dan bersin. Gejala penyakit campak adalah demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit (rash) disertai dengan batuk dan/atau pilek dan/atau konjungtivitis akan tetapi sangat berbahaya apabila disertai dengan komplikasi pneumonia, diare, meningitis dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini sangat berpotensi menjadi wabah apabila cakupan imunisasi rendah dan kekebalan kelompok/herd immunity tidak terbentuk. Ketika seseorang terkena campak, 90% orang yang berinteraksi erat dengan penderita dapat tertular jika mereka belum kebal terhadap campak. Seseorang dapat kebal jika telah diimunisasi atau terinfeksi virus campak.

Rubella adalah penyakit akut dan ringan yang sering menginfeksi anak dan dewasa muda yang rentan. Akan tetapi yang menjadi perhatian dalam kesehatan masyarakat adalah efek teratogenik apabila rubella ini menyerang pada wanita hamil pada trimester pertama. Infeksi rubella yang terjadi sebelum konsepsi dan selama awal kehamilan dapat menyebabkan abortus, kematian janin atau sindrom rubella kongenital (Congenital Rubella Syndrome/CRS) pada bayi yang dilahirkan.

Imunisasi Measles (campak) Rubella (MR) diberikan kepada anak untuk melindunginya dari penyakit kelainan bawaan, seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan.

Imunisasi MR ini bisa didapatkan pada anak usia 9 bulan hingga 60 bulan (5 tahun) di Puskesmas atau fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan Imunisasi MR. Untuk Imunisasi MR ini merupakan salah satu Imunisasi Dasar Lengkap yang harus di dapat oleh anak. Hal ini merupakan suatu bentuk pencegahan yang ada dalam program pemerintah. Diharapkan dengan adanya program Imunisasi Dasar Lengkap dari Pemerintah dapat mencegah terjadinya kejadian-kejadian atau bahkan wabah penyakit di negara Indonesia.

Imunisasi MR ini bisa di dapatkan secara gratis di Puskesmas Padangsari Kota Semarang dengan syarat membawa kartu berobat Puskesmas Padangsari dan membawa buku KIA (buku imunisasi). Jika belum mempunyai kartu berobat Puskesmas Padangsari, bisa membawa Kartu Keluarga untuk mendaftar agar mendapatkan kartu berobat. Untuk pelayanan Imunisasi MR Puskesmas Padangsari dilaksanakan setiap hari Selasa mulai pukul 07.00 WIB.

Selain pendaftaran secara langsung di hari Selasa, kami juga melayani pendaftaran melalui PUSTAKA (Puskesmas Tanpa Antrian Kota Semarang) dimana masyarakat bisa mendaftar H-1 sebelum pelayanan. Dan ketika datang ke Puskesmas Padangsari pada hari H tidak perlu antri di loket pendaftaran karena data sudah masuk dalam antrian pendaftaran. Untuk layanan PUSTAKA Puskesmas Padangsari ada di nomor 0898-2268-8881.

Dengan adanya fasilitas-fasilitas yang sudah diberikan oleh Pemerintah Kota Semarang diharapkan masyarakat dapat memanfaatkannya secara bijak. Mari bergerak bersama lindungi diri dari bahaya penyakit campak dan rubella.

Statistik Pengunjung

Dinas Kesehatan Kota Semarang

Jl. Pandanaran No 79 Semarang
Telp. (024) 8415269 - 8318070

Copyright Dinas Kesehatan Kota Semarang 2018