1

GIAT SI CENTIK

Ditulis 2019-02-07 17:24:25

Mungkin warga Kota Semarang sudah cukup familiar dengan “SI CENTIK”, tapi ada juga yang belum mengetahui apakah “SI CENTIK” itu? Mari kita ulas lengkapnya.

 

Jadi SI CENTIK adalah singkatan dari Siswa Cari Jentik. SI CENTIK ini merupakan program dari ibu Walikota Semarang, ibu Krisseptiana Hendrar Prihadi yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Semarang.

 

SI CENTIK ini berawal mula dari penderita DBD yang terus meningkat di Kota Semarang dan 50% penderita adalah anak sekolah.  Maka dari itu, Pelaksana SI CENTIK adalah Siswa-siswi  SD kelas 4,5,6 dan siswa-siswi  SMP.

 

Tujuan dari SI CENTIK ini adalah agar siswa mengetahui sejak dini mengenai DBD, sehingga siswa dapat selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan rumah maupun sekolah.

 

Program SI CENTIK ini mendapatkan dukungan penuh dari berbagai pihak terutama pihak Dinas Kesehatan Kota Semarang, Puskesmas, UPTD Pendidikan, Kemenag dan Sekolah. Hampir sebagian besar sekolah di Kota Semarang, dan di Kecamatan Ngaliyan sudah melaksanakan kegiatan SI CENTIK ini.

 

Kegiatan SI CENTIK, dilakukan setiap 1 minggu sekali pada hari minggu ketika anak-anak libur sekolah. Setiap hari minggu, siswa wajib memeriksa jentik di tempat penampuangan air yang ada dirumah masing-masing dengan membawa senter , kertas dan bolpoin. Setelah diperiksa siswa akan menulis/mencentang hasil pada kertas yang telah diberikan ibu guru masing-masing kelas, apakah hasilnya  ada (+) atau tidak (-).  Esok harinya, siswa membawa kertas tersebut untuk diberikan kepada ibu guru. Hasil tersebut adalah hasil yang benar dari kondisi lapangan yang diperiksa oleh adik-adik.

 

Selain itu, setiap 1 bulan sekali siswa selalu diberikan penyuluhan mengenai  DBD oleh petugas surveilans kesehatan, penyuluhan tersebut biasanya menjelaskan mengenai  Penyebab DBD, Pencegahan, maupun tanda dan gejala, serta biasanya di akhir penyuluhan akan ada menyanyikan lagu SI CENTIK yang iramanya seperti “naik delman”.

 

PADA HARI MINGGU KU CARI JENTIK DI RUMAH

HARI SENIN DILAPORKAN GURU DI SEKOLAH

UTAMAKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT

GENERASI SEHAT DI KOTA SEMARANG HEBAT

HAAIII....

SICENTIK SIAP BERANTAS DEMAM BERDARAH ..HAII...HAII

SICENTIK SIAP BERANTAS DEMAM BERDARAH ..HAII...HAII

 

Dalam memberikan apresiasi kepada siswa-siswi yang sudah melaksanakan SI CENTIK, biasanya dari Dinas Kesehatan Kota Semarang bersama dengan puskesmas akan mengadakan Lomba Duta Si Centik. Lomba ini biasanya 1 tahun sekali dan diikuti semua sekolah yang ada diwilayah tersebut.

 

Dengan adanya program SI CENTIK  dan DUTA SI CENTIK ini harapanya dapat mengurangi angka kasus DBD di Kota Semarang, dan anak-anak  bisa menjadi pelopor untuk berperilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekitar rumah maupun lingkungan sekolah.

Statistik Pengunjung

Dinas Kesehatan Kota Semarang

Jl. Pandanaran No 79 Semarang
Telp. (024) 8415269 - 8318070

Copyright Dinas Kesehatan Kota Semarang 2018