Artikel

Pelayanan Smart Dinas Kesehatan Kota Semarang Melalui Ambulan Hebat

Semarang- Di bawah kepemimpinan Wali Kota Hendrar Prihadi, kota Semarang telah menerapkan beberapa sistem yang berkonsep dengan Smart City dalam mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Mulai dari pemasangan wifi gratis dibanyak taman-taman kota, sistem perijinan online, pajak online, hingga sistem pelaporan online melalui "Lapor Hendi", pusat pengaduan dan call center 112, serta control system yang terintegrasi di Situation Room. Tidak hanya itu, Hendi sapaan akrab Wali Kota Semarang itu juga mempermudah masyarakat di bidang layanan kesehatan. Diantara pelayanan kesehatan tersebut, muncul Ambulan Hebat yang merupakan layanan smart untuk tanggap gawat darurat di kota Semarang.

Januari 2017 lalu, Hendi meluncurkan layanan Ambulan Hebat yang diberi nama Si Cepat. Ambulan Hebat tersebut merupakan Pusat pelayana kesehatan yang menjamin kebutuhan masyarakat dalam hal kegawat daruratan medis, yang dapat dihubungi dalam waktu singkat di manapun berada dan sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendapatkan respon cepat. Kategori gawat darurat medis adalah keadaan klinis pasien yang membutuhkan tindakan medis segera untuk penyelamatan nyawa.

Ambulan Hebat didukung dengan penggunaan aplikasi yang mumpuni agar dapat memberikan pelayanan yang berkualitas bagi masyarakat kota Semarang. Sasaran Ambulan Hebat ini adalah seluruh warga yang berada di kota Semarang dengan lingkup tindakan penjemputan pasien gawat darurat medis, pasien kegawat daruratan maternal (ibu melahirkan) dan kecelakaan lalu lintas dengan ambulan datang ke rumah pasien atau lokasi kejadian untuk diantar ke rumah sakit tujuan (IGD).

Tersedia 5 unit Ambulan Hebat yang tersebar di beberawa wilayah kota Semarang dengan homebase di Puskesmas Karang Malang, Puskesmas Halmahera, Puskesmas Srondol, Puskesmas Bangetayu dan Puskesmas Pandanaran. Pelayanan Ambulan Hebat ini gratis tidak dipungut biaya sama sekali selama 24 jam non stop dengan menghubungi call center 1500-132 atau 119. Dilengapi dengan peralatan standart Kegawat daruratan dan juga tenaga medis yang mumpuni yakni 10 dokter umum, 25 perawat, 25 bidan, 5 operator dan 20 driver.

Baru-baru ini, Hendi juga meluncurkan Motor Ambulan untuk mempermudah jangkauan rumah penduduk yang susah dilewati mobil ambulan. Semua dilakukan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat agar semua kalangan dapat dijangkau.

Info Semarang