Berita

Kunjungan Wakil Presiden RI, Bapak K.H. Ma'ruf Amin ke Daycare Rumah Pelita

SEMARANG - Kamis, 28 Desember 2023 , Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin melakukan kunjungan ke Daycare Rumah Pelita. Bapak K.H. Ma'ruf Amin didampingi oleh Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin disambut oleh Pj Gubernur Jawa Tengah serta Walikota Semarang.

Kunjungan Wakil Presiden RI kali ini terkait peninjauan program inovasi daerah dalam rangka upaya penurunan stunting. Pak Ma'ruf Amin menyorot prevalensi stunting di Kota Semarang yang sudah jauh di bawah prevalensi stunting nasional.

Dr. dr. M. Abdul Hakam selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang menerangkan bahwa salah satu upaya yang dilakukan dan telah berhasil menurunkan kasus stunting adalah melalui Daycare Rumah Pelita (Rumah Penanganan Stunting Lintas Sektor bagi Baduta), dimana melalui program tersebut Dinas Kesehatan berhasil meluluskan 14 balita peserta Daycare di Manyaran dan 11 balita peserta Daycare di Patemon.

Daycare Rumah Pelita merupakan inovasi penurunan stunting pertama di Indonesia yang berfokus pada perbaikan status gizi balita melalui penerapan pola asuh yang baik dan pemenuhan kebutuhan gizi harian anak sehingga dapat tercapai peningkatan berat dan tinggi badan anak yang optimal.

Sampai akhir tahun 2023, Kota Semarang telah memiliki 7 Daycare Rumah Pelita yang tersebar di berbagai kecamatan, yaitu Daycare Manyaran, Daycare Patemon, Daycare Bandarharjo, Daycare Bulusan, Daycare Lamper Tengah, Daycare Karangdoro, serta Daycare Tambakaji.