Kegiatan

RANGKAIAN PERAYAAN HKN (Hari Kesehatan Nasional) ke-59 di Kota Semarang

SEMARANG - Menyambut peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap tanggal 12 November, Dinas Kesehatan Kota Semarang telah bersiap melakukan serangkaian kegiatan. Dimulai dengan pembukaan rangkaian perayaan HKN ke-59, Jumat (27/10) di GOR Tri Lomba Juang. Dalam pembukaan tersebut, Walikota Semarang Mba Ita terjadwal hadir membuka acara. Akan ada 1045 peserta yang hadir dalam pembukaan tersebut terdiri dari seluruh pegawai DInkes, perwakilan dari seluruh rumah sakit, puskesmas, BPJS Kesehatan, Institusi Pendidikan, Organisasi Profesi Kesehatan, Kader Kesehatan, dll. Acara akan dimulai pukul 06.00 WIB dengan senam pagi, kemudian pembukaan secara simbolis dengan melepas 20 burung dara, dilanjutkan dengan skrining dan pemeriksaan Kesehatan yang disediakan Dinkes melalui program LAWANG SEWU.

Setelah ceremonial pembukaan, perayaan HKN ke-59 tingkat Kota Semarang akan diadakan berbagai pertandingan olahraga yang diikuti oleh pegwai Dinkes, seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit, BPJS Kesehatan serta Instutsi Pendidikan Kesehatan. Jenis olahraga yang akan ditandingkan adalah Tenis Meja, Bulu Tangkis, Volly Putra dan lomba Peregangan. Rangkaian perayaan lainnya juga ada kegiatan PITERPAN (Pelayanan dan Edukasi Kesehatan Pelajar Terpadu Kota Semarang) di SMA 1 dan puncaknya akan ada Festival Keberagaman Pagan untuk Kecukupan Gizi Menuju Daulat Pangan Semarang Semakin Sehat di Simpang Lima dan sepanjang jalan Pahlawan. Berikut jadwal kegiatan perayaan HKN ke-59 di Kota Semarang :

 

  • Tanggal 27 Oktober 2023 Pembukaan Kegiatan di TLJ
  • Tanggal 28-29 Oktober 2023 pertandingan Tenis Meja di TLJ
  • Tanggal 4–5 November 2023 Pertandingan Bulu Tangkis di TLJ dan Lomba Senam Peregangan di Halaman Balaikota
  • Tanggal 7 November 2023 Roadshow PITERPAN (Pelayanan dan edukasi Kesehatan pelajar terpadu Kota Semarang) di SMA N 1 Semarang.
  • Tanggal 10-11 November 2023 Pertandingan Volley
  • Tanggal 12 November 2023 puncaknya, Festival Keberagaman Pangan untuk Kecukupan Gizi  Menuju Daulat Pangan Semarang Semakin Sehat di Area Simpang Lima dan sepanjang jalan Pahlawan.

Dalam festival tersebut, akan ada acara Cooking Vaganza Bareng Mba Ita. Yaitu acara masak bersama dengan menu gizi sehat pendamping beras. Ada 176 peserta yang akan memeriahkan Cooking Vaganza Bareng Mba Ita tersebut, terdiri dari DInkes, Puskesmas, RS, Organisasi Profesi Kesehatan, Instansi Pendidikan Kesehatan, serta bergabung pula dari Dinas Ketahan Pangan dan Dinas Pertanian dengan kegiatan Semarang Agro Expo di area taman Indonesia Kaya.