Berita

PITERPAN HADIR WUJUDKAN GENERASI SEHAT DAN PRODUKTIF DI KOTA SEMARANG

Trend kasus penyakit tidak menular seperti Hipertensi dan DM tipe II diusia remaja 5-18 di Kota Semarang remaja menjadikan dasar Dinkes dalam intervensi lebih lanjut dalam melakukan promosi dan edukasi serta pencegahan sejak dini pada usia remaja. 

Program PITERPAN (Pelayanan & Edukasi Kesehatan Terpadu Pelajar Kota Semarang)  hadir menjawab tantangan upaya pelayanan Kesehatan pada usia remaja dengan kegiatan skrining dan edukasi Kesehatan dalam konsep yang fun.  Program PITERPAN akan hadir roadshow ke sekolah-sekolah yang ada di kota Semarang secara terjadwal.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mencegah kejadian penyakit tidak menular dan obesitas pada usia remaja dengan memberikan edukasi mengenai pentingnya menerapkan pola hidup dan makan yang sehat serta skrining Kesehatan. Skrining Kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan tekanan darah, cek Kesehatan mata, Kesehatan tulang, cek gula darah sewaktu, pengukuran IMT, dan disediakan konsultasi gizi serta konsultasi masalah remaja lainnya.

Kegiatan PITERPAN pertamakali dilakukan pre-launch pada Jum’at 22 September 2023 di SMA 4 Kota Semarang. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang didampingi seluruh pejabat structural dan sebgaian pegawai untuk mengikuti pembukaan dan senam pagi bersama. Setelah senam kegiatan dilanjutkan dengan sarapan menu bergizi bersama kemudian minum tablet FE untuk para siswi. Setelah ceremonial pembukaan, skrining Kesehatan kemudian dilanjutkan dengan pembagian masing-masing kelompok kelas khusus sperti kelas talk show, kelas pelathan hidup dasar, pelahitan membuat konten dll.

Pihak SMA 4 Semarang sangat antusias dan menyambut baik kegiatan ini, begitupun dari Dinkes berharap program ini bisa diterima dengan baik dan dapat berdampak baik terutama dalam mengubah mindset dan perilaku siswa siswi agar lebih aware dengan pola hidup sehat sejak dini.