Kegiatan

RAKERKES 2023

SEMARANG – Dinas Kesehatan Kota Semarang, tengah mengadakan Rapat Kerja Kesehatan tahun 2023 pada Kamis (20/07/2023) hingga hari ini Jumat (21/7/2023) di hotel Arus.

Mengusung tema “Dengan Transformasi Kesehatan Menuju Semarang Semakin Sehat”, Rapat Kerja Kesehatan 2023 dibuka oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melalui zoom serta memberikan arahan terkait agenda program kerja Kesehatan tahun 2023 yakni transformasi Kesehatan 6 pilar. Transformasi Layanan Primer, Transformasi Layanan Rujukan, Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, Transformasi Sumber Daya Manusia Kesehatan dan Transformasi Teknologi Kesehatan.

Hadir pula secara langsung Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu didampingi dengan Anggota DPRD komisi D, dan seluruh OPD lintas sektoral termasuk Akademisi, Organisasi profesi, direktur rumah sakit dan puskesmas se-kota Semarang, yang juga hadir sebagai narasumber.

Dalam sambutannya, Walikota yang akrab dipanggil Mba Ita tersebut menyampaikan bahwa  agenda besar kota Semarang bidang Kesehatan adalah penurunan kasus stunting. Mba Ita memberikan penekanan pada transformasi yang harus dilakukan pada bidang Kesehatan adalah optimalisasi layanan primer untuk pencegahan dan penanganan stunting agar Semarang bisa 0 stunting. Tentu dengan dukungan lintas sektoral karena penanganan stunting tidak hanya spesifik yang dilakukan Dinkes namun juga sensitif yang melibatkan banyak OPD lain.