Berita

Screening Terpadu di Lapas Deteksi Penyakit HIV-TBC dan Kesehatan Jiwa

Dinas Kesehatan Kota Semarang mengadakan kegiatan screening terpadu di Lapas Kedungpane Ngaliyan pada tanggal 16-18 Januari 2023 dan Lapas Wanita II A pada tanggal 19 Januari 2023. Tujuan dari kegiatan screening terpadu adalah untuk mendeteksi penyakit HIV, TBC dan Kesehatan Jiwa Penghuni Lapas.

Kegiatan dilakukan oleh petugas dari Puskesmas Ngaliyan, Puskesmas Poncol, dan Dinas Kesehatan Kota Semarang. Terdapat 1.287 penghuni lapas yang mengikuti kegiatan screening terpadu tersebut, dengan rincian 1.000 penghuni Lapas Kedungpane dan 287 penghuni Lapas Wanita II A. Kegiatan dimulai dari pendaftaran, wawancara dengan metode indept interview terkait data diri dan faktor risiko HIV kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan HIV, screening TBC, dan Tes Kesehatan Jiwa. Bagi penghuni lapas dengan suspect TBC akan dilakukan pengambilan sampel dahak untuk selanjutnya sampel dikirimkan ke RSUD Tugurejo.

Diharapkan dengan adanya kegiatan screening terpadu yang telah dilaksanakan dapat menekan persebaran kasus penyakit menular HIV, dan TBC serta dapat menekan penyakit tidak menular yang berhubungan dengan Kesehatan Jiwa.