Berita

YUK BUNDA, TES IVA DETEKSI KANKER SERVIKS

Kanker merupakan salah satu Penyakit Tidak Menular (PTM) yang ada di Indonesia. Terdapat beberapa macam kanker salah satunya Kanker Serviks yang merupakan jenis kanker penyebab kematian di Indonesia dan menduduki peringkat 3 besar dengan angka kematian yang terus meningkat.

Kanker disebabkan oleh lingkungan yang mengandung bahan karsinogen seperti rokok dan olahan makanan yang dibakar. Selain itu gaya hidup yang tidak menerapkan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) juga mempengaruhi seseorang terkena penyakit kanker.

Dinas Kesehatan Kota Semarang telah melakukan beberapa upaya untuk deteksi dini penyakit kanker serviks seperti IVA Test dan Papsmear di 37 Puskesmas Kota Semarang. Selain itu kampanye GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) juga dilakukan agar masyarakat selalu  ingat tentang gaya hidup sehat. Kegiatan GERMAS dikemas dalam program inovasi Dinas Kesehatan Kota Semarang LAWANGSEWU (Layanan Warga Semarang Sehat Setiap Waktu), dengan kegiatan : aktivitas fisik, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, dan cek kesehatan rutin.

Dengan adanya fasilitas IVA Test dan Papsmear gratis di 37 Puskesmas Kota Semarang dan edukasi terkait pencegahan kanker serviks kepada masyarakat diharapkan dapat terhindar dari penyakit kanker serviks.