Berita

Dinas Kesehatan Kota Semarang meraih penghargaan Indonesia Healtcare Inovation Award-IV 2020

 

Hasil dalam lomba Indonesia Healtcare Inovation Award-IV 2020, Dinas Kesehatan Kota Semarang meraih penghargaan dibeberapa kategori, diantaranya :

  1. Gold Award kategori GERMAS dengan Inovasi Kampung Siaga Candi Hebat
  2. Gold Award kategori Kesehatan Ibu dan Anak dengan Inovasi GEPUK PEPES (Gerakan Peduli Kesehatan Pekerja Perempuan)
  3. Platinum Award kategori IT Kesehatan dengan Inovasi Lawan Covid 19 Harus STRONG

Di Masa Pandemi pelaksanaan lomba Indonesia Healtcare Inovation Award-IV 2020 tetap terlaksanan secara virtual, Walaupun secara virtual tidak menurunkan semangat dan motivasi para peserta Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten untuk meraih penghargaan. Dengan konsistensi dan semangat peserta Dinas Kesehatan Kota Semarang akhirnya membuahkan hasil yang sangat membanggakan dengan meraih tiga penghargaan.

Dengan adanya inovasi Kampung Siaga Candi Hebat terdapat 5 indikator yang menjadi andalan Dinas Kesehatan Kota Semarang untuk mendapatakan Gold Award kategori GERMAS diantaranya : Siaga Kesehatan, Siaga Sosial Ekonomi, Siaga KEamanan, Siaga Komunikasi dan Siaga Logistik.

Selain itu DInas Kesehatan berhasil mendapatkan Penghargaan Gold Award Kategori Kesehatan Ibu dan Anak dengan Inovasi GEPUK PEPES (Gerakan Peduli Kesehatan Pekerja Perempuan), dalam menangani masalah utama pekerja perempuan yaitu Akses terbatas dan Kualitas Pelayanan Rendah dengan melaksanakan 5 program yang diantaranya : Pelayanan KIA, Kepedulian Manajemen Perusahaan & program Preventif & Promotif Kesehatan.

Penghargaan Terbaik yang di dapatkan oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang adalah Platinum Award kategori IT Kesehatan dengan Inovasi Lawan Covid 19 Harus STRONG, dalam upaya mendapatkan penghargaan ini Dinas Kesehatan Kota Semarang memiliki program Aplikas Unggulan (Bidik Covid, SISCA, Bidik Prokes), Keberhasilan ini didukung dengan pendekatan strategis inovasi (Fast Response, Reliable, COmprehensif, Real Time, Integrated ). 

Untuk kedepanya Dinas Kesehatan Kota Semarang tetap mempertahankan kategori yang didapatkan dan mengembangkan inovasi-inovasi terbaru, diaharapakan Inovasi-inovasi yang sudah kita buat ini dapat di aplikasikan dengan tepat ke masyarakat Kota Semarang. Selain itu Dinas Kesehatan akan terus memberikan pelayanan secara maksimal khususnya untuk Kesehatan Ibu dan Anak dan Dalam melawan Covid 19.