Berita

Menerima Kunjungan Lapangan Tim Penilai Lomba Terminal Sehat Tingkat Nasional

SEMARANG - Terminal Gunungpati Semarang menjadi salah satu terminal tipe C yang masuk ke dalam 6 besar nominasi dalam lomba Terminal Sehat Tingkat Nasional. Terminal Gunungpati dinilai memenuhi kriteria dalam lomba terminal sehat di antaranya kelengkapan sejumlah fasilitas umum khususnya dalam upaya pencegahan persebaran Covid-19 di Kota Semarang. 

Ketua tim Penilai, Krisnawaty K. Banjarnahor menyebutkan bahwa selain kelengkapan fasilitas umum dalam hal kebersihan dan layanan, juga adanya komitmen seluruh pengelola terminal dan pihak terkait dalam penanganan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pelayanan tersebut di antaranya penerapan protokol kesehatan seperti penyediaan wastafel di berbagai sudut lokasi agar memudahkan calon penumpang untuk mencuci tangan dengan sabun, adanya pengecekan suhu tubuh, pengecekan kondisi kesehatan kepada seluruh petugas terminal baik di dalam armada serta kantin sehat terminal, dan juga penyemprotan disinfektan ke berbagai fasilitas yang ada di terminal secara berkala.

Selain itu Terminal Gunungpati dinilai lengkap dalam hal penyediaan fasilitas umum seperti area toilet yang terpisah, ruang laktasi, ruang layanan kesehatan, ruang isolasi, ruangan untuk merokok secara terpisah, serta menyediakan layanan pembayaran non tunai. Ditambah lagi adanya penyuluhan kesehatan secara rutin yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan, pembentukan satuan tugas dalam hal penanganan Covid-19, serta adanya himbauan terkait protokol kesehatan yang ditampilkan dalam berbagai media seperti spanduk, banner dan lain-lain.

Usai menerima tim verifikasi lapangan Lomba Terminal Sehat di Terminal Gunungpati Rabu (14/10) lalu, penjabat sementara (Pjs) Wali kota Semarang Tavip Supriyanto dengan ditemani Kepala Dinas Kesehatan dan Ketua Forum Kota Sehat berharap bahwa inovasi-inovasi dan pelayanan yang dilakukan oleh Terminal Gunungpati ini dapat diadaptasi oleh seluruh terminal yang ada di Kota Semarang. “Dengan diimplementasikannya berbagai inovasi tersebut di seluruh terminal, harapannya angka Covid-19 di Kota Semarang makin melandai,” tutur Tavip.

Tavip juga berkomitmen jika Pemerintah Kota Semarang akan terus memberikan pelayanan maksimal demi kenyamanan khususnya dalam hal pelayanan transportasi di seluruh wilayah Kota Semarang.