Berita

Lima Pasien yang Diisolasi di Rumdin Wali Kota Semarang Sembuh dan Dipulangkan

SEMARANG – Lima pasien yang diisolasi di Rumah Dinas (Rumdin) Wali Kota Semarang resmi dinyatakan negatif Covid-19. Sehingga, mereka dipulangkan ke rumah masing-masing, Selasa (5/5/2020).

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang, Rahma Defi menjelaskan, lima pasien tersebut ada yang semula berstatus positif Covid-19 dan ada yang berstatus Pasien dalam Pengawasan (PDP).

“Hari ini yang pulang ada 5 orang. Statusnya 3 orang sembuh dari confirm (positif Covid-19) dan 2 orang PDP sembuh dengan hasil swab negatif,” ujar Defi saat ditemui.

Dengan begitu, total pasien baik yang berstatus positif maupun PDP yang masih diisolasi di Rumdin Wali Kota hanya tersisa 45 orang.

“Semua kan 50 orang, karena pulang 5 maka tersisa 45 orang. 45 orang itu terdiri dari 20 pasien positif dan 25 PDP,” ungkap Defi.

Selain menjadi tempat isolasi pasien, Rumdin Wali Kota Semarang juga kini menyediakan tempat karantina pemudik. Tempatnya ada di Rumdin bagian bawah.

Defi menjelaskan, pemudik di sini sifatnya hanya karantina sementara selama 3 hari sebelum yang bersangkutan masuk ke rumah tujuan.

Pada masa karantina ini kondisi kesehatan pemudik akan dipantau oleh petugas kesehatan yang berjaga. “Selama 3 hari di sini akan kami evaluasi ada batuk pilek atau tidak, ada demam atau tidak. Sebelum pulang kita rapid test,” imbuhnya.

Pihaknya ingin memastikan para pemudik negatif Covid-19 sebelum mereka bertemu dengan keluarganya. “Dikarantina sementara selama 3 hari di sini. Meskipun harus dilanjutkan di rumah tujuan selama 14 hari,” tandasnya. (*)

Info Semarang