Berita

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Kampanyekan STBM Bersama Masyarakat di Jalan

SEMARANG – Kampanye Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang dilakukan oleh Puskesmas Lamper Tengah dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang dr. Moch Abdul Hakam Sp.PD di Jalan Kompol Maksum pada Jum’at (26/7).

Hadir pula pada kesempatan yang sama, Camat Semarang Selatan Eko Yuniarto serta ibu-ibu dari kelurahan Lamper Tengah, Lamper Lor, Lamper Kidul dna Peterongan. Pada acara kampanye tersebut, perwakilan setiap kelurahan menggunakan baju dan atribut dari barang bekas yang sudah didaur ulang mulai dari botol plastic, pembungkus obat, pelastik belanjaan dan koran bekas.

Mereka membangikan selebaran sembari membawa kertas bergambar point-point lima pilar STBM yang harsu dilakukan. Bahkan dr. Hakam beserta Camat Semarang Selatan turun langsung ke jalanan untuk ikut terlibat dalam kampanye tersebut.

“ Ini adalah program yang sifatnya perubahan mindset masyarakat untuk melakukan perubahan hidup sehat dengan cara tidak BAB sembarangan, cuci tangan dengan sabun, pengolahan limbah rumah tangga dan limbah air serta pengelolaan air dan makanan yang benar. “ ucap dr. Hakam

Salah satu penerapan pilar STBM yang dipakai dalam kampanye kali ini adalah pengolahan sampah rumah tangga, sehingga para peserta banyak yang memakai atribut dari bahan bekas sampah rumah tangga. Usai melakukan kampanye STBM, peserta bisa menikmati cek kesehatan gratis yang disediakan oleh Puskesmas Lamper Tengah.

Info Semarang