Berita

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Membuka Lomba Duta SICENTIK Tahap Pertama

SEMARANG – Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang dr. Moch Abdul Hakam Sp,PD tadi pagi, Kamis (25/7) membuka acara lomba Duta SICENTIK atau Siswa Cari Jentik yang diadakan Dinas Kesehatan Kota Semarang melalui Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit di Aula Balaikota Semarang.

Hadir dalam acara tersebut Perwakilan dari Kementrian Agama, Dinas Pendidikan dan Tim Penggerak PKK Kota Semarang dan juga 119 Peserta Lomba Duta SICENTIK dari SMP/MTS Negeri dan Swasta yang ada di Kota Semarang.

“ Salah satu program yang diinisiasi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Ibu Krisseptiana Hendrar Prihadi ini sangat luar biasa. Menggerakan semua siswa untuk terlibat secara langsung melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) yang ada di rumahnya masing-masing. Semoga dengan adanya lomba Duta SICENTIK ini bisa menjadikan adik-adik lebih bersemangat melakukan PSN sehingga bisa menurunkan angka kesakitan DBD yang ada di Kota Semarang.” Ungkap dr. Hakam saat memberikan sambutan.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang melibatkan siswa/siswi SD, peserta Lomba Duta SICENTIK kali ini diperuntukan siswa/siswi SMP/MTS. Seleksi lomba Duta SICENTIK dilakukan dalam 2 tahap yakni tahap pertama membuat esai terkait pengalaman siswa saat melakukan PSN dilingkungan tempat tinggalnya, kemudian tahap ke dua yakni story telling.

Tema penulisan cerita mengenai kegiatan SICENTIK di rumah dan di sekolah  dengan susunan judul, latar belakang, maksud tujuan, kegiatan yang dilakukan dan harapan.  Cerita ditulis tangan dengan bahasa Indonesia dan mudah dibaca. Panjang tulisan sebanyak 1-2 halaman dan boleh menyebut nama sekolah, kelurahan ataupun kecamatan tempat tinggalnya. 

Setelah seleksi tahap satu ini, peserta yang masuk kriteria penilaian akan masuk kebabak selanjutnya yakni story telling pada 30 Juli 2019 mendatang di tempat yang sama.

Dengan adanya lomba Duta SiCentik ini diharapkan semua sekolah tingkat SD dan MI yang ada di kota Semarang lebih rajin dalam melakukan kegiatan SICENTIK. Untuk para siswa/siswinya diharapkan sejak dini meraka sudah tahu penyebab demam berdarah serta tahu bagaimana cara mencegahnya, Juga mereka tahu bagaimana cara hidup bersih dan sehat sejak dini sehingga di usia dewasa nanti kesadaran mengenai hidup sehat semakin meningkat.

Info Semarang