Artikel

KONTER ( Konsultasi Dokter ) Menjadi Alternatif Warga Semarang Untuk Konsultasi Gratis Seputar Kesehatan Tanpa Harus Pergi Ke Dokter

SEMARANG – Layanan KONTER  merupakan salah satu inovasi layanan Dinas Kesehatan Kota Semarang yang sudah diluncurkan sejak 22 Desember 2017, untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi seputar kesehatan secara gratis.

Layanan KONTER bisa diakses di nomor 1-500-132, atau nomor WA 0811-2900-132 atau install aplikasi KONTER di playstore. Melalui KONTER, masyarakat bisa langsung konsultasi seputar kesehatan dengan dokter yang sedang bertugas pada saat itu secara real time 24 jam.

Ada 12 jenis layanan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat melalui layanan KONTER tersebut yaitu konsultasi penyakit,  panduan Rumah Sakit, panduan Puskesmas, info dokter praktek, info klinik kesehatan, info laboratorium klinik, info apotek, info tarif, BPJS, UHC, Tips kesehatan dan layanan kesehatan lainnya.

Data yang dikumpulkan Bidang Layanan Kesehatan Dinas Kesehatann Kota Semarang, pengguna layanan KONTER sebanyak 11.941 untuk chat dan 113 yang berkonsultasi lewat telpon. Sebagian besar berkonsultasi untuk layanan konsultasi penyakit, UHC, BPJS, panduan Rumah Sakit, panduan Puskesmas, info tarif Rumah Sakit. 

Cukup mengejutkan 34% pengguna KONTER bahkan bukan merupakan warga Semarang. Ada yang dari luar provinsi juga luar pulau JAwa. Artinya, banyak masyarakat yang terbantu dengan layanan konsultasi gratis ini tidak hanya warga kota Semarang.

Karena hal tersebut, aplikasi KONTER ini akan terus dikembangkan oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang. Rencananya KONTER tidak hanya melayani konsultasi seputar kesehatan saja tetapi juga ketersediaan kamar di rumah sakit dan juga  bisa melakukan pemesanan kamar rumah sakit.  

Info Semarang