1

VCT MOBILE PUSKESMAS BULU LOR BERSAMA PERKUMPULAN KELUARGA BERENCANA INDONESIA (PKBI) DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI AIDS SEDUNIA

Ditulis 2019-12-01 23:53:59

 

Puskesmas Bulu Lor bersama Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia mengadakan pemeriksaan VCT.

Acara ini dibuka oleh Wakil Walikota Semarang Ibu Hevearita Gunaryanti Rahayu, Beliau memberikan sambutan serta arahan mengenai kewaspadaan terhadap HIV/AIDS ditinjau dari lingkungan Semarang Utara yang dekat dengan Bandara, Stasiun, dan Pelabuhan. Hal ini dapat menjadi penyebab mudahnya peningkatan kasus HIV/AIDS. Dengan adanya acara ini diharapkan masyarakat semarang Utara lebih waspada terhadap HIV/AIDS. Salah satu upaya kewaspadaan yang dapat dilakukan yaitu mengikuti Tes VCT.

VCT merupakan voluntary counselling and testing atau bisa diartikan sebagai konseling dan tes HIV sukarela (KTS). Layanan ini bertujuan untuk membantu pencegahan, perawatan, serta pengobatan bagi penderita HIV/AIDS. VCT bisa dilakukan di puskesmas atau rumah sakit maupun klinik penyedia layanan VCT.

HIV/AIDS masih menjadi persoalan kesehatan global yang signifikan, terutama di negara-negara berkembang. Adanya VCT sangat berperan dalam mencegah penyebaran penyakit tersebut.

Tahapan dan Proses dalam VCT

Konseling Pra Test

Test HIV

Konseling Pasca Test

VCT perlu dilakukan sebagai langkah awal untuk segera mendapat informasi mengenai HIV, juga agar penderita HIV bisa dilakukan deteksi sedini mungkin dan mendapat pertolongan kesehatan yang dibutuhkan. Hal ini sangat membantu sebagai langkah pencegahan dan pengendalian penyakit HIV/AIDS.

Statistik Pengunjung

Dinas Kesehatan Kota Semarang

Jl. Pandanaran No 79 Semarang
Telp. (024) 8415269 - 8318070

Copyright Dinas Kesehatan Kota Semarang 2018