Berita

Visitasi Verifikasi PPID Dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah ke Dinkes Kota Semarang

Semarang - Dalam rangka pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik, Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah melakukan beberapa penilaian kepada sejumlah instansi pemerintah. Dinas Kesehatan kota Semarang termasuk salah satu yang memenuhi kriteria untuk dilakukan Visitasi Verifikasi oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah pada Kamis (25/10). Tim Visitasi yang dipimpin oleh Zainal Abidin Petir sampai di Kantor Dinas Kesehatan Kota Semarang pukul 08.00 Wib dan langsung diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang bersama dengan jajaranya.

Ada dua hal yang diperiksa dalam visitasi tersebut yakni, kelengkapan dan kesesuaian data dari SAQ (Self Assesment Questionnaire) yang sudah dikirimkan sebelumnya oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang dan juga presentasi PPID yang disampaikan langsung oleh kepala bidang Sumber Daya Kesehatan dr. Noegroho Edy Rijanto. Dalam presentasinya, dr. Edi menyampaikan hal-hal berkaitan dengan Tata Kelola Informasi Publik dengan memperhatikan aspek komitmen, koordinasi, komunikasi, kolaborasi dan konsistensi tugas dan tanggung jawab PPID.

Tujuan Visitasi tersebut untuk mengetahui kebenaran, kedalaman dan ketepatan penyampaian informasi, kelembagaan serta pelayanan informasi publik yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang. Selain itu juga untuk melihat media apa saja yang digunakan oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

Pemeringkatan sebenarnya hanyalah sebagai pemicu, yang terpenting dan terutama adalah bagaimana implementasi keterbukaan informasi publik di lingkungan Dinas Kesehatan kota Semarang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan turut serta mewujudkan Clean Government and Good Governance.

 

Info Semarang