Berita

DKK Semarang Menerima Kunjungan Lapangan dari Dinkes Kabupaten Kudus

Berdasarkan surat permohonan nomor 005/1386/11.2/2018 dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus untuk melakukan kunjungan lapangan pelatihan petugas hygiene sanitasi makanan dan minuman, DKK Semarang menerima rombongan petugas hygiene sanitasi makanan dan munuman Puskesmas se-kabupaten Kudus pada Jum’at (25/8).

Sejumlah 25 petugas yang mewakili masing-masing Puskesmas yang ada di kabupaten Kudus diterima di DKK Semarang oleh Kasie Kesehatan Lingkungan dan Promosi Kesehatan ibu Yuli Kurniasih P,SKM, M.Kes pukul 08.00 pagi. Setelah penerimaan secara simbolis, acara dilanjutkan dengan pengarahan dari ibu Yuli diteruskan dengan kunjungan lapangan langsung.

Kunjungan lapangan ini diadakan di dua catering yang cukup besar dan terkenal di Semarang yakni catering Anggrek dan Sonokembang. Pemilihan kedua catering tersebut karena merupakan binaan dari DKK kota Semarang dan ada banyak hal yang bisa dipelajari tentang penerapan hygiene sanitasi, penerimaan, penyimpanan dan pengolaan bahan baku, proses pengolahan makanan, proses retain sample, proses pengiriman masakan dan proses pengolahan limbah.

Selain karena catering binaan, dipilihnya catering Sonokembang juga karena sudah memiliki banyak sertifikat, diantaranya tahun 2007 resmi bersertifikat Laik Hygiene dari Dinas Kesehatan Kota Semarang, tahun 2016 resmi bersertifikat Halal dari LPPOM MUI, tahun 2018 resmi bersertifikat ISO 9001-2015 dari Worldwide Quality Assurance – Indonesia, tahun 2017 Seluruh karyawan produksi telah lulus uji kompetensi “ Skema Sertifikasi Klaster Penanganan Makanan Secara Aman “ dari Lembaga Sertifikasi Profesi Jaminan Mutu dan Keamanan Pangan (LSP JMKP) Bogor.

Proses kunjungan lapangan berjalan lancar dan diikuti dengan antusias oleh para peserta. Harapannya setelah kunjungan ini, petugas hygiene sanitasi makanan dan munuman puskesmas yang ada di kabupaten Kudus bisa belajar dan menerapkan hygiene sanitasi di wilayah kerja Puseksmas.

Info Semarang