Berita

Lomba Duta SICENTIK (Siswa Cari Jentik) Untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan Sejak Dini

Kota Semarang masih menjadi kota endemis penyakit demam berdarah. Penyakit ini merupakan penyakit menular yang dapat menyebabkan kematian. Angka kematian penyakit ini cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu inovasi Kota Semarang dalam pemberdayaan masyarakat untuk pengendalian Demam Berdarah adalah pengembangan kegiatan Siswa Cari Jentik (SICENTIK), dimana Siswa/siswi di SD/sederajat dan SLTP/Sederajat diajak untuk memantau jentik di rumah masing-masing setiap hari minggu dan dilaporkan kepada guru kelas setiap hari Senin. Kegiatan yang diinisiasi oleh Ketua Tim Penggerak PKK ibu Krissepetiana Hendrar Prihadi, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Semarang, Kantor Kementrian Agama Kota Semarang dan Dinas Kesehatan Kota Semarang sebagai mitra kerja.

Tahun ini, kegiatan SICENTIK dibuat lebih menarik dengan mengadakan lomba Duta SICENTIK untuk para siswa/siswiI SD dan MI. Seleksi lomba Duta SICENTIK dilakukan dalam 2 tingkat yaitu tingkat kecamatan dan tingkat kota. Untuk tingkat kecamatan, setiap SD dan MI di masing-masing Kecamatan mengirimkan 1 siswa dari kelas 5 atau 6, tahun ajaran 2018 / 2019 untuk mengikuti lomba menulis SICENTIK. Tema penulisan cerita mengenai kegiatan SICENTIK di rumah dan di sekolah  dengan susunan judul, latar belakang, maksud tujuan, kegiatan yang dilakukan dan harapan. 

Cerita ditulis tangan dengan bahasa Indonesia dan mudah dibaca. Panjang tulisan sebanyak 1-2 halaman dan boleh menyebut nama sekolah, kelurahan ataupun kecamatan tempat tinggalnya. Penilaian lomba Duta SICENTIK tingkat Kecamatan ini diadakan dari tanggal 6-7 Agustus 2018 lalu oleh tim juri yang terdiri dari lintas sektor yakni dari Kementrian Agama atau UPTD Pendidikan, PKK kecamatan dan kepala Puskesmas atau yang mewakili.

Kriteria penilaian lomba Duta SICENTIK untuk tingkat kecamatan antara lain Kesesuaian isi, judul, tema dan alur cerita. Penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar (diksi, kalimat dan gaya bahasa), tulisan mudah dibaca dan kretivitas penulisan cerita. Peserta yang lolos tingkat kecamatan ini akan berlanjut di tingkat kota. Lomba Duta SICENTIK tingkat kota akan dilaksanakan di Gedung PKK Kota Semarang pada tanggal 14 Agustus 2018 mendatang. Berbeda dengan ditingkat kecamatan, tingkat kota ini peserta harus menceritakan kembali tulisannya ketika mengikuti lomba ditingkat kecamatan.

Dengan adanya lomba Duta SiCentik ini diharapkan semua sekolah tingkat SD dan MI yang ada di kota Semarang lebih rajin dalam melakukan kegiatan SICENTIK. Untuk para siswa/siswinya diharapkan sejak dini meraka sudah tahu penyebab demam berdarah serta tahu bagaimana cara mencegahnya, Juga mereka tahu bagaimana cara hidup bersih dan sehat sejak dini sehingga di usia dewasa nanti kesadaran mengenai hidup sehat semakin meningkat.

Info Semarang