Berita

DKK Semarang Gelar Penilaian Tenaga Kesehatan Teladan 2018

Semarang- Penyelenggaraan pemberian penghargaan bagi tenaga kesehatan teladan di puskesmas sedang berjalan di DKK Semarang. Proses penilaian ini dilaksanakan secara berjenjang melalui seleksi tingkat puskesmas dan dilanjutkan dengan pengiriman usulan calon tenaga kesehatan teladan.

Sosialisasi kegiatan ini sudah dilakukan DKK Semarang sejak bulan Februari lalu kepada para kapus (kepala puskesmas). Ada 61 nakes (tenaga kesehatan) yang diusulkan dari 37 puskesmas yang ada di Semarang. Jumlah 61  peserta nakes teladan tersebut dikerucutkan menjadi 43 setelah melalui tahap verifikasi  data oleh DKK Semarang. Nakes tersebut terdiri dari 9 profesi nakes yakni dokter umum, dokter gigi, bidan, perawat, nutrisi, tenaga teknis kefarmasian, apoteker, sanitarian dan tenaga kesehatan masyarakat.

Setelah dinyatakan lolos administrasi oleh DKK, tahap seleksi selanjutnya adalah wawancara dan paparan inovasi. Ada dua krietria umum dalam penjurian tahap wawancara yakni inovasi dan motivasi. Inovasi berkaitan dengan program inovasi yang dilakukan oleh nakes bersangkutan dalam pengembangan program puskesmas yang melibatkan masyarakat. Sedangkan motivasi berkaitan dengan dukungan, kemauan dan peran nakes yang bersngkutan di puskesmas.

Setelah melalui tahap wawancara dengan dua penilaian umum di atas, peserta dikerucutkan kembali menjadi 18 besar, masing-masing dua terbaik tiap profesi. Dilanjutkan dengan penilaian kunjungan lapangan secara langsung oleh tim juri yang terdiri dari lintas sektor yakni DKK Semarang, organisasi profesi, TPPKK ( Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan keluarga), BKPP (Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan) dan Disdakduk (Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana).

Dalam penilaian lapangan tersebut, tim juri menilai langsung ke tempat kerja dan tempat tinggal serta lokasi inovasi nakes yang bersangkutan. Tahap penilaian ini menjadi tahapan akhir untuk menentukan siapa nakes teladan 2018. Sesui dengan time schedule, pengumuman nakes teladan ini akan diumumkan tanggal 30 Juli 2018.

Pemilihan tenaga kesehatan teladan di Puskesmas diharapkan dapat menjadi suatu motivasi untuk meningkatkan minat tenaga kesehatan bekerja di puskesmas sehingga dapat menjadi pendorong terciptanya tenaga keshatan yang mempunyai sikap nasionalis, etis, profesional, semangat pengabdian yang tinggi, disiplin, kreatif dan dapat memegang teguh etika profesi.

Info Semarang