Berita

Setelah Inovasi Ambulan Hebat, DKK Semarang Luncurkan Motor Ambulan dan Motor Siaga PIS-PK (Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga)

Semarang- Setelah meluncurkan Ambulan Hebat, Dinas Kesehatan kota Semarang kini meningkatkan pelayanannya dalam hal penanganan penjemputan pasien darurat. Hadir dalam armada baru yakni motor, DKK Semarang Rabu (18/7)  meluncurkan motor ambulan dan motor siaga Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga atau disingkat PIS-PK.

Motor Ambulan merupakan kendaraan yang digunakan oleh tim ambulan hebat dalam melakukan reaksi cepat pada kasus kegawatdaruratan. Sedangkan motor siaga PIS-PK digunakan puskesmas dalam kegiatan PIS-PK yang meliputi kunjungan rumah, intervensi permasalahan kesehatan keluarga maupun masyarakat.

Dalam peluncuran tersebut dihadiri pula oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi SE, MM didmpingi kepala dinas kesehatan kota Semarang dr.Widoyono MPH di kecamatan Ngaliyan, bersamaan dengan deklarasi ODF (Open Defecation Free).

Hadirnya motor ambulan  dan motor siaga PIS-PK ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan akan pelayanan kesehatan mobile yang bisa mengatasi hambatan mengakses jalan yang sulit dilalui mobil ambulan. Tersedia 5 unit motor ambulan yang standby di home base ambulan hebat yakni Puskesmas Karangmalang, Halmahera, Srondol, Bangetayu dan Pandanaran dengan call center 1500-132.

Sedangkan untuk motor siaga pIS-PK tersedia 8 unit motor yang juga stand by di home base ambulan siaga yakni Puskesmas Gunungpati, Ngesrep, Rowosari, Tlogosari kulon, Poncol, Gayamsari dan Ngaliyan.