Berita

DKK Semarang Kumpulkan 19 Direktur Rumah Sakit untuk Membahas Draft PerWal Baru

Semarang- Selasa (17/7)  Dinas Kesehatan Kota Semarang mengundang 19 direktur Rumah Sakit Umum yang ada di kota Semarang untuk sosialisasi rancangan Peraturan Walikota yang baru mengenai Pengaturan Ijin Lokasi pendirian rumah sakit baru. Hal tersebut dilatar belakangi karena lokasi Rumah Sakit yang belum merata di kota Semarang. 

Berdasarkan catatan Dispendukcapil tahun 2017, penduduk kota semarang mencapai 1.653.035 jiwa. Sementara itu, Semarang memiliki 19 RSU dengan jumlah kapasitas tempat tidur  4.154. Standard dari Kemenkes meyebutkan, perkiraan kebutuhan jumlah tempat tidur dapat menggunakan rasio 1/1.000. Artinya dari jumlah penduduk pada wilayah jangkauan Rumah Sakit sejumlah 1.000 orang akan dibutuhkan 1 tempat tidur. Sedangkan kondisi yang ada di kota Semarang saat ini sudah memenuhi standard. Ironisnya, sampai saat ini masih terdapat antrian pasien rawat inap karena penuh.

Dalam paparannya tadi siang, kepala dinas kesehatan dr.Widoyono MPH menyebutkan setidaknya sudah ada tujuh pengajuan rumah sakit baru tahun ini. Berkaca dengan kasus tutupnya apotek setiap tahun karena tidak ada regulasi pendirian yang jelas, rancangan PerWal ini diharapkan bisa mengatur regulasi rumah sakit agar supaya tidak terjadi persaingan tidak sehat antar rumah sakit di kota Semarang.

Diharapkan juga degan adanya regulasi yang mengatur pendirian rumah sakit baru ini akan meningkatkan pelayanan, memberikan dasar hukum bagi pengaturan ketersediaan dan persebaran Rumah Sakit di daerah.