Berita

Universal Health Coverage (UHC) DIluncurkan untuk Menjamin BIaya Kesehatan bagi Masyarakat Kota Semarang

Semarang. Masyarakat Kota Semarang kini dapat tersenyum lebar, pasalnya per tanggal 1 November 2017 ini, Walikota Semarang, Hendrar Prihadi melncurkan program UHC atau Universal Health Coverage. Melalui program tersebut, Pemerintah Kota Semarang bekerja sama dengan BPJS akan menanggung biaya pengobatan seluruh masyarakat Kota Semarang yang sedang sakit. 

"Yang perlu digaris bawahi adalah ini untuk seluruh masyarakat Kota Semarang, jadi tidak terbatas hanya untuk warga miskin saja", tutur Walikota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut di Balaikota Semarang, Selasa (31/10). "Syaratnya hanya KK dan KTP Semarang, serta bersedian mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat pertama di puskesmas Kota Semarang dan rumah sakit kelas 3, itu saja", lanjutnya.

Hendi juga menegaskan program ini tidak hanya diperuntukan untuk warga Kota Semarang yang berobat di rumah sakit umum daerah saja. "Tidak hanya yang di rumah sakit pemerintah, yang berobat di rumah sakit swasta juga akan dijamin", tegas Walikota Semarang tersebut. "Kemudian saya juga banyak ditanya, untuk persalinan bisa pak Hendi ? saya tegaskan bisa", terusnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Widoyono juga menegakan bahwa program UHC ini diinisiasi oleh Walikota Hendi agar seluruh masyarakat di Kota Semarang bisa mendapatkan pengobatan gratis dengan hanya bermodalkan KTP dan KK. 

"Yang bisa mengikuti program UHC ini adalah warga Semarang yang sedang sakit di rumah sakit tapi tidak memiliki BPJS, atau punya BPJS tapi menunggak", jelas Widoyono. "Lengkapnya bila ingin paham lebih detail, kami menyediakan nomor telepon yang bisa dihubungi di nomor 085-225-060-938", tambahnya.

Walikota Semarang, Hendi program UHC ini merupakan terobosan Pemerintah Kota Semarang yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya program UHC ini, nantinya seluruh masyarakat Kota Semarang tidak perlu terbebani biaya pengobatan dan perawatan ketika sedang sakit. Sehingga mengingat pentingnya program ini, Hendi meminta partisipasi masyarakat untuk membantu pemerintah Kota Semarang mensosialisasikan program ini.

sumber: semarangkota.go.id