Berita

Workshop Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) untuk Puskesmas di Kota Semarang

SEMARANG – Dalam rangka terus meningkatkan kualitas pelayanan dan mempersiapkan reakreditasi Puskesmas, Dinas Kesehatan Kota Semarang melalui Bidang Pelayanan Kesehatan mengadakan Workshop Akreditasi Puskesamas Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) kepada seluruh Puskesmas yang ada di Kota Semarang 

Senin (15/7) bertempat di Hotel Grand Arkenso Semarang, workshop dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang dr. Moch Abdul Hakam, Sp.PD. Dalam sambutannya, dr. Hakam menyampaikan pentingnya Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) untuk tenaga kesehatan.

“ Salah satu praktek paling sederhana untuk mencegah transmisi infeksi di Puskesmas adalah kebiasaan menjaga kebersihan tangan. Penanganan dari pasien satu ke pasien lainnya dan kondisi lingkungan di Puskesmas menjadikan tangan dokter dan perawat menjadi media penularan kuman penyakit. PPI ini sangat penting untuk melindungi kita sebagai tenaga kesehatan dari kemungkinan tertularnya penyakit dari pasien atau menularkan penyakit dari pasien satu ke pasien lainnya.” Jelas dr. Hakam.

Menghadirkan Pembicara tingkat Nasional, Dr.dr. Tjahjono Kuntjoro, MPH., Ph.D., dr.Lina Kurniawati, MPH dan dr. Yael Esthi Nurfitri Kuntjoro, Sp.K.K workshop tersebut berlangsung dua hari hingga Selasa (16/7) hari ini. Diharapkan dengan workshop tersebut dapat memberikan pendalaman Pengetahuan dan pemahaman kepada dokter dan perawat di Puskesmas tentang PPI agar dapat meningkatkan kualitas mutu dan layanan Puskesmas kepada masyarakat. 

Info Semarang