Berita

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Menyelesaikan Roadshow Ke 37 Puskesmas di Kota Semarang

SEMARANG – Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang dr. Moch Abdul Hakam yang baru dilantik bulan Juni lalu, langsung melakukan roadshow ke seluruh Puskesmas di Kota Semarang. Agenda kunjungan tersebut bertujaun untuk melihat secara langsung pelayanan dan inovasi program-program yang sudah berjalan di masing- masing Puskesmas.

Dimulai pada 25 Juni lalu di Puskesmas Sekaran, kemudian dilanjutkan ke satu persatu Puskesmas yang ada di seluruh Kota Semarang hingga Sabtu (13/7) roadshow tersebut berakhir di Puskesmas Purwoyoso.

Ditemui setelah melakukan kunjungan ke Puskesmas Purwoyoso, dr. Hakam mengaku bahwa akan terus mendorong Puskesmas untuk selalu berinovasi dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

“ Ada layanan yang menarik dibeberapa Puskesmas selama melakukan roadshow kemarin. Hanya saja masih ada yang perlu dimaksimalkan lagi. Nanti sambal berjalan, semoga Puskesmas yang lain semakin terpacu untuk melakukan inovasi-inovasi lainnya.” Terang dr. Hakam.

Baru-baru ini dr.Hakam juga sudah memerintahkan seluruh Puskesmas untuk membuka pelayanan hingga sore hari agar masyarakat yang tidak bisa memeriksakan diri pada pagi hari bisa datang pada sore hari.

Tidak hanya itu, untuk mempercepat pelayanan dr.Hakam juga sudah memerintahkan seluruh Puskesmas agar menerapkan system paperless dimulai dari pendaftaran hingga mengambil obat ke bagian farmasi.

“ Kalau sudah paperless kan tidak perlu mencatat-catat lagi, langsung saja otomatis dari pendaftaran hingga pemeriksaan oleh dokter. Kemudian nanti dari dokter langsung bisa meresepkan obat ke bagian farmasi yang diiput ke system langsung. “ paparnya.

Kunjungan ke Puskesmas ini akan terus dilakukan untuk memantau secara langsung pelayanan yang ada di Puskesmas juga memberikan arahan-arahan kepada Kepala Puskesmas agar membenahi hal-hal yang dirasa perlu pembenahan.