Berita

Verifikasi Lomba PHBS Tingkat Kota Semarang Tahun 2019

SEMARANG – Lomba PHBS ( Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ) tingkat Kota Semarang kembali digelar oleh DKK Semarang. Senin (8/7) lalu, verifikasi lomba PHBS tingkat Kota Semarang telah selesai dilakukan kepada enam Kecamatan yang lolos tahap administrasi yakni kecamatan Banyumanik, Candisari, Gayamsari, Genuk, Gunungpati dan Semarang Selatan.

Verifikasi Lomba PHBS tingkat Kota Semarang sebelumnya melewati tahap administrasi yang kemudian dipilih enam terbaik dan dilakukan kunjungan lapangan langsung ke kecamatan yang bersangkutan. Ada 16 aspek yang dinilai dalam verifikasi lapangan yakni : Persalianan di tenaga kesehatan, Pemeriksaan Kehamilan (K4), ASI Eksklusif, Timbang balita, Gizi seimbang, Air bersih, Jamban sehat, Sampah, Lantai kedap air, Aktifitas fisik, Tidak merokok, Cuci tangan pakai sabun, Gosok gigi, tidak mengkonsumsi minuman keras dan narkoba, keikutsertaan jaminan kesehatan dan Pemberantasan sarang nyamuk.

Endah emayanti, SKM, M.Si, ketua tim juri yang juga merupakan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Semarang menuturkan bahwa hasil verfikasi ini menjadi salah satu penentu dalam memutuskan pemenangnya.

“ Setelah verifikasi lapangan ini, nanti akan muncul nilai dari masing-masing kecamatan yang sudah kita kunjungi. Setelah itu akan diakumulasikan dari semua tim juri dan diambil nilai tertinggi.” Tuturnya. Dijelaskan kemudian, tim juri sendiri terdiri dari lintas sector yakni dari Sekretariat Daerah bagian tata pemerintahan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perlindungan dan pemberdayaan perempuan dan anak, Tim Penggerak PKK dan Forum Kota Sehat Semarang.

“ Hasil penilaiannya nanti akan diumumkan pada tanggal 17 Agustus 2019 bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan. “ tutup beliau.

Info Semarang