Berita

“ Semarang Kota Sehat Berkelanjutan Bagi Semua “ Menjadi Misi dr.Moch Abdul Hakam, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Yang Baru

SEMARANG – Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang yang baru saja dilantik, dr. Moch Abdul Hakam memaparkan visinya untuk Dinas Kesehatan Kota Semarang dengan program Kota Sehat Berkelanjutan Bagi Semua.

Paparan tersebut disampaikan kepada pejabat struktural dan Kepala Puskesmas pada Jum’at (28/6) sesaat sebelum acara pisah sambut dengan Kepala Dinas Kesehatan sebelumnya di Aula Kantor DKK Semarang.

“ Kota sehat dimaknai sebagai tempat dimana orang-orang dapat tinggal dan hidup dengan tenang, rendah konflik, aman, nyaman, sehat dan dapat mengembangkan potensi secara maksimal. “ ungkap dr.Hakam.

Ditambahkan oleh dr. Hakam, Inovasi pengembangan Semarang menjadi Kota Sehat Berkelanjutan bagi Semua meliputi : (1) Kebijakan Reorientasi & Revitalisasi P2F Puskesmas; (2) Smart Governance; dan (3) Pelaksanaan Tupoksi Puskesmas secara terintegrasi berbasis kemitraan kolaboratif  komunitas dan stakeholders lintas sektoral – lintas disiplin.

“ Sudah saatnya kita berkolaborasi, bukan hanya berkoordinasi saja. Harus bergandengan dengan pihak-pihak stekholder lintas sekor juga swasta. “ tegas dr.Hakam melanjutkan paparannya.

Kendala utama yang dihadapi oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang terkait dengan problem kesehatan elektif adalah pengetahuan, sikap, dan perilaku pasien, keluarga, komunitas dan masyarakat yang kurang atau tidak menunjang terwujudnya kehidupan yang sehat serta selamat. Karena itu Puskesmas diharapkan dapat menjadi ujung tombak bagi upaya pemerintah kota Semarang dalam membangun “Kota Sehat Berkelanjutan untuk Semua” dalam memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait perilaku hidup sehat.

“ Kita tingkatkan citra Puskesmas. Trust masyarakat harus tinggi kepada puskesmas. Mari bersama-sama kita cipatakan smart government. Bulan depan semua puskesmas harus bisa paperless agar dapat meningkatkan speed pelayanan. Jam pelayananpun kita tambah sampai sore agar masyarakat yang bekerja sampai sore hari masih bisa datang ke Puskesmas untuk memeriksakan kesehatan. Kalau semua bisa kita laksanakan dengan baik, insyallah kita bisa mencapai derajat kesehatan Kota Semarang yang paling tinggi. “ Tutup beliau.

Info Semarang