Berita

Penilaian Kelompok Asuhan Mandiri Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Dan Akupresur Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kelurahan Barusari

SEMARANG – Dinas Kesehatan Kota Semarang masuk dalam penilaian lomba Kelompok Asuhan Mandiri (Asman) Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan Akuprsure  tingkat provinsi Jawa Tengah melalui Puskesmas Pandanaran Kelurahan Barusari  Kecamatan Semarang Selatan. Sebelumnya kelurahan Barusari telah menjadi juara I dalam penilaian lomba Asman Toga dan Akupresure tingkat Kota Semarang sehingga ditunjuk untuk maju ke Provinsi.

Kamis (27/6) lalu bertempat di Kantor DInas Kesehatan Kota Semarang bidang Pelayanan Kesehatan meneri tim juri penilai lomba toga tingkat provinsi yang diketuai oleh ibu Lisna Riariyanti. Setelah diterima di Kantor DKK Semarang, tim juri penilai diajak ke Puskesmas Pandanaran untuk penyambutan dan kunjungan lapangan langusng ke Taman Toga yang ada di Kelurahan Barusari.

Hadir dalam romobongan tersebut, tim juri penilai didampingi Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Semarang, Lurah Barusari juga camat Semarang Selatan dan kader kesehatan yang ada di kelurahan Barusari Semarang.

“ Semoga kunjungan ini menghasilkan nilai yang terbaik untuk kelurahan Barusari.” Tutur dr. Lilik Farida Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Asuhan mandiri kesehatan tradisional melalui pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA) dan akupresure merupakan upaya kesehatan tradisional yang dapat dilakukan sendiri oleh masyarakat/keluarga dalam mengatasi gangguan kesehatan ringan yang ada didalam keluarga, sehingga dengan asuhan mandiri kesehatan tradisional diharapkan masyarakat dapat mewujudkan keluarga sehat secara mandiri.

Info Semarang