Berita

DKK Semarang Perkenalkan Aplikasi ASIK Melalui Gathering Bersama Komunitas

SEMARANG –  Dalam upaya terus mengembangkan inovasi layanan kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Semarang mengadakan forum diskusi bersama dengan beberapa komunitas yang ada di Kota Semarang secara berkala.

Selasa (25/6), bertempat di ruang pertemuan Puskesmas Pudak Payung acara diskusi tersebut dihadiri oleh komunitas dari blogger, POSE (Potret Of Semarang), ITC, Sandec dan Zakki (Komunitas Peduli Lansia ).

Selain diskusi terkait pengembangan layanan inovasi terbaru, pertemuan diisi dengan pengenalan aplikasi ASIK ( Aplikasi Kesehatan Usia Produktif ) dari Puskesmas Pudak Payung. Kepala Puskesmas Pudak Payung, dr. Vina memaparkan fungsi, manfaat dan kegunaan aplikasi ASIK tersebut.

“ Aplikasi ASIK  ini adalah  inovasi dari Puskesmas Pudak Payung  yang  ditujukan  untuk  masyarakat yang berusia produktif  untuk memantau  kesehatan seperti berat badan, tinggi badan, lingkar perut dan tensi, sehingga masyarakat khususnya kalangan remaja dapat mengetahui status kesehatannya.” Terang dr. Vina.

Tidak hanya untuk memantau kesehatan saja, aplikasi ASIK ini juga dilengkapi dengan fitur berupa artikel tentang kesehatan. Jadi masyarakat yang menggunakannya dapat memperoleh informasi atau tips-tips untuk kesehatan.

“Aplikasi ini termasuk start up, yang  basicnya kewilayahan. Jadi yang bertanggung jawab ya petugas yang ada  di wilayah itu.” tambah Kepala Seksi Informasi Kesehatan dan Pengendali Sarana Kesehatan, Hanif Pandu.

Selain paparan dan diskusi terkait aplikasi ASIK, pertemuan juga diisi dengan tes kesehatan dengan mengukur tensi darah, gula darah dan lingkar perut yang kemudian hasil pemeriksaan tersebut diinput ke aplikasi ASIK.

Dengan melibatkan komunitas, diharapkab semangat dan ide kreatif dari generasi milenial dapat membantu dalam mengembangkan pelayanan dan program yang ada di Dinas Kesehatan Kota Semarang. Dengan harapan juga dapat berkolaborasi dalam berkegiatan untuk sektor kesehatan yang ada di Kota Semarang.

Info Semarang