Berita

Menerima Kunjungan Studi Komparasi Dari DPRD Kabupaten Batang

SEMARANG – Senin (24/6) Dinas Kesehatan Kota Semarang menerima kunjungan dari DPRD Kabupaten Batang. Maksud dari kunjungan tersebut adalah untuk melakukan studi komparasi berkaitan dengan upaya penangguanan TBC dan HIV yang ada di Kota Semarang.

Tiba di Kantor Dinas Kesehatan Kota Semarang pukul 10.00 Wib dan langsung diterima oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Semarang di ruang Aula Kepala Dinas. Rombongan tersebut berjumlah 10 orang termasuk ketua DPRD dan Ketua Komisi D.

Ketua DPRD Kabupaten Batang, H. Imam Teguh Raharjo memimpin rombongan menyampaikan maksud dan tujuan dari kunjungan tersebut.

“ Angka kasus HIV di Kabupaten Batang masih tinggi. Begitu juga dengan kasus TBC. Saat ini ada 968 kasus ditemukan dan ditangani. Pihak ami masih terus berupaya agar dapat menekan angka tersebut. ”, kata H. Imam Teguh.

Sementara itu, di Kota Semarang sendiri angka kasus HIV mencapai 545 dengan persentase 30% penduduk kota Semarang, sisanya ber-KTP luar Kota Semarang dengan angka paling banyak dari karyawan swasta.  

Upaya-upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Semarang sendiri dalam menekan angka kesakitan TBC dan HIV antara lain penguatan kepemimpinan program TB HIV, Ppeningkatan akses layanan TB yang bermutu dengan “TOSS-TB”, pengendalian Faktor Risiko, penguatan manajemen program melalui penguatan sistem kesehatan TB HIV dan peningkatan tugas Surveilans di lapangan.

Sekretaris Dinas yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang berharap studi komparasi tersebut dapat memberikan manfaat dan inspirasi kepada Komisi anggota DPRD Kabupaten Batang dan jajarannya dalam upaya penanggulangan TBC dan HIV.

Info Semarang