Berita

DKK Semarang Lakukan Kunjungan Ke PT SAMA Guna Mempercepat Implementasi GP2SP

SEMARANG – Dalam rangka mempercepat dan mengoptimalkan implementasi GP2SP, Dinas Kesehatan Kota Semarang mengadakan kunjungan di PT Sandang Asia Maju Abadi atau PT SAMA pada Selasa (18/6) di Kawasan Industi Wijaya Kusuma.

GP2SP sendiri merupakan Gerakan Pekerja Perempuan/Buruh Sehat Produktif yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan mewujudkan perbaikan kesehatan pekerja / buruh perempuan sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja dan kualitas generasi penerus.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Semarang, Endah Emayanti memimpin kunjungan tersebut dengan menggandeng serta APINDO ( Asosiasi Pengusaha Indonesia ), Uset Jalin sebuah organisasi dari WHO dan juga Puskesmas Karanganyar yang merupakan Puskesmas wilayah setempat.

Sebelumnya Dinas Kesehatan Kota Semarang telah melakukan advokasi terkait sosialisasi GP2SP dengan APINDO beberapa kali. Kunjungan ke PT SAMA tersebut menjadi langkah awal untuk memulai GP2SP di lingkungan kerja terutama tempat kerja yang memiliki banyak karyawan perempuan.

“ Harapannya agar supaya nanti program-program kesehatan perempuan yang ada di Puskesmas juga bisa dilakukan diperusahaan yang memiiki banyak karyawan perempuan.” Ungkap Endah Emayanti. Beliau juga menambahkan agar perusahaan-perusahaan harus memfasilitasi karyawan dalam hal kesehatan dengan membuat klinik di dalam perusahaan tersebut.

“ Di PT SAMA ini tadi kita lihat ada klinik, pojok asi juga dan saya lihat tadi juga ada beberapa obat-obatan. Semoga semua pabrik terutama pabrik pabrik besar seperti ini sudah mempunya klinik juga ya. “ tutupnya.

Rencananya dari Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Semarang akan mengadakan kunjungan kembali ke beberapa perusahaan besar di Kota Semarang.

GP2SP sendiri bagian dari upaya meningkatkan derajat kesehatan dan produktifitas dengan kegiatan utama 1) mendorong ASI ekslusif dilanjutkan hingga umur 2 tahun, 2) Implementasi program kesehatan reproduksi, 3) Implementasi perbaikan status gizi pekerja perempuan, 4) Pencegahan dan pengendalian Penyakit Menulai dan Penyakit Tidak Menular, dan 5) upaya peningkatan kesehatan lingkungan kerja.

Info Semarang