Artikel

10 Kebiasaan Buruk Saat Puasa Ramadan yang Harus Dihindari

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh kemuliaan, semua umat muslim berlomba-lomba untuk meraih kemuliaan itu. Namun semangat untuk meraih kemuliaan dengan berbagai amalan ibadah itu, harus diimbangi juga dengan pola hidup yang sehat. Jangan sampai di bulan Ramadhan, justru jatuh sakit karena kebiasaan yang tidak baik selama puasa. Dilansir dari IDN News, ada  10 kebiasaan buruk saat puasa yang tidak baik untuk kesehatan. Apa saja itu? Simak sampai selesai ya.

1. Kebiasaan melewatkan sahur

Sahur bisa membantu tubuh tetap memiliki energi dan terhidrasi sepanjang hari. Jika melewatkan sahur, tentu tubuh akan terasa lemas dan tidak bersemangat. Selain itu, jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus bias berakibat jatuh sakit, lho.

2. Minum air berlebih saat sahur

Konsumsi air terlalu banyak saat sahur akan membuatmu sering buang air kecil. Ini akan membuatmu lebih cepat haus. Sebaiknya perbanyak minum air putih saat berbuka puasa.

3. Tidur setelah sahur

Sebagian besar orang sudah mengetahui bahwa tidur selepas sahur tidak dianjurkan. Namun karena rasa kantuk yang tak tertahankan, kebiasaan ini pun sering dilakukan. Sebaiknya kamu menghentikannya sekarang, karena tidur setelah sahur bisa meningkatkan asam lambung.

4. Tidur seharian penuh

Tidurnya orang puasa adalah ibadah. Banyak orang menggunakan pernyataan tersebut untuk tidur seharian. Memang saat puasa tubuh akan terasa lemas dan malas melakukan apa pun. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menambah pahala puasa. Lagi pula, tidur terlalu lama itu juga tidak sehat lho.

5. Makan berlebihan saat berbuka puasa

Waktu berbuka adalah saat yang dinanti-nanti oleh semua orang yang menjalankan ibadah puasa. Sering muncul keinginan untuk makan banyak mengingat kita sudah menahan lapar dan haus selama hampir 14 jam. Namun jangan sampai “balas dendam” ya! Makan berlebihan akan meningkatkan asam lambung dan membuatmu mual.

6. Terlalu banyak makan gorengan dan makanan manis

Gorengan sering menjadi takjil untuk berbuka puasa. Memang nikmat, tapi terlalu sering makan gorengan tidak baik untuk kesehatanmu. Sama halnya dengan makanan manis, keduanya memiliki banyak lemak jenuh.

7. Tidak makan buah dan sayur

Kurangnya asupan sayur dan buah saat puasa akan membuatmu gampang sakit. Ini karena vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya bisa menjaga sistem imun tubuh. Kamu juga bisa mendapatkan tambahan vitamin dari suplemen.

8. Berbuka puasa dengan minum teh

Hindari langsung minum teh saat berbuka puasa. Ini karena teh bisa menyerap kalsium dan zat besi yang ada di dalam tubuh kita. Jika kamu ingin minum teh, sebaiknya tunggu sekitar dua jam setelah berbuka.

9. Olahraga setelah buka puasa

Walaupun sedang puasa, kita sebaiknya tetap berolahraga. Namun sebaiknya jangan dilakukan setelah berbuka puasa. Pasalnya, ini bisa membahayakan sistem pencernaan dan kesehatan tubuh. Waktu terbaik untuk melakukannya adalah setelah sahur dan sebelum berbuka puasa

10. Sering begadang

Kebiasaan buruk lain yang harus dihindari adalah begadang. Selama puasa, jam tidur kamu akan mengalami perubahan karena kamu harus bangun saat sahur.Jika sering begadang, tubuhmu tidak akan mendapatkan porsi tidur yang cukup. Ini bisa melemahkan sistem kekebalan tubuhmu.

Nah, dari 10 check list diatas, mana yang masih sering kamu lakukan selama puasa? Yuk segera perbaiki kebiasaan buruk tersebut agar kita selalu sehat hingga lebaran nanti.  Jangan lupa perbanyak ibadah juga ya. Selamat berpuasa!

Info Semarang