Berita

Pertemuan Pemegang Program PTM (Penyakit Tidak Menular) Puskesmas Bersamaa BPJS

SEMARANG – Dinas Kesehatan Kota Semarang melalui Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit mengadakan pertemuan dengan pemegang program Penyakit Tidak Menular dari Seluruh Puskesmas yang ada di Kota Semarang. Pertemuan tersebut dihadiri pula dari perwakilan BPJS pada Jumat (3/5) lalu di Hotel Quest Semarang.

Kehadiran BPJS pada pertemuan tersebut untuk Sosialisasi peraturan BPJS Kesehatan No.2 Tahun 2019 pada pengelolaan PTM (Penyakit Tidak Menular) Puskesmas se-Kota Semarang, berkaitan dengan pelaksanaan skrining riwayat kesehatan dan pelayanan penapisan atau skrining kesehatan tertentu serta peningkatan kesehatan bagi peserta penderita penyakit kronis dalam program jaminan kesehatan. Peraturan terbaru tersebut berdasarkan pada pertimbangan pembiyaan jaminan kesehatan promotif preventif yang kurang efektif.

Sementara itu, dr. Syska Maolana Kepala Seksi P2 PTM & Surveilans Dinas Kesehatan Kota Semarang pada pertemuan tersebut menyampaikan gambaran PTM (Penyakit Tidak Menular) di Kota Semarang tahun 2019 terjadi peningkatan. Prevalensi Hipertensi Kota Semarang sebesar 37% dihitung dari Jumlah Penduduk ≥15 th, Prevalensi DM Kota Semarang  3,1% dihitung dari jumlah Penduduk ≥15 th, Prevalensi ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa)  ssbesar 7,2% dihitung dari jumlah penduduk dan Prevalensi Obesitas sejumlah 29,3% dihitung dari Jumlah Penduduk ≥15 th.

Dinas Kesehatan Kota Semarang terus berupaya melakukan pencegahan dan pengurangan factor resiko PTM dengan penguatan posbindu dan surveilans juga promosi, sosialisasi dan berkooridnasi lintas sector.

Info Semarang