Berita

Dinas Kesehatan Kota Semarang Luncurkan Empat Sistem Aplikasi Terbaru Untuk Mengoptimalkan Pelayanan

SEMARANG – Menghadapi era industri 4.0, Dinas Kesehatan Kota Semarang terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaiknya. Setelah meluncurkan PUSTAKA (Puskesmas Tanpa Antrian Kota Semarang), kini DKK Semarang meluncurkan empat sistem aplikasi sekaligus pada Senin (29/4) bertepatan dengan Rakerkes tahun 2019.

Empat Sistem aplikasi tersebut diluncurkan langsung oleh Walikota Semarang sesaat setelah membuka Rakerkes 2019 di Hotel Pesona Semarang dengan ditemani Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang. Aplikasi pertama yang diluncurkan yakni SI NIKIMAS (Sistem Informasi Penilaian Kinerja Puskesmas), kemudian SI KOMIKKU (Sistem Komunikasi Kesehatan Ibu), ASIK (Aplikasi Kesehatan Usia Produktif) dan yang terakhir SI KEMPLING (Sistem Kesehatan Masyarakat dan Penyehatan Lingkungan).

Dalam keterangan pers-nya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang dr.Widoyono menjelaskan masing-masing fungsi dari sistem aplikasi tersebut.

“ SI KOMIKKU itu aplikasi yang ditujukan untuk ibu hamil mempermudah mereka dalam mendapatkan informasi tentang kehamilannya. Kedua SI KEMPLING ini untuk mendata kondisi sanitasi di Kota Semarang. Ketiga “ASIK” aplikasi ini di tujukan bagi para remaja atau pemuda di Kota Semarang sebagai media pemantau hasil pemeriksaan kesehataan mereka, dan mereka bisa konsultasi juga lewat aplikasi ini. Terakhir, adalah aplikasi SI NIKIMAS sebagai media untuk menilai dan memantau kegiatan dan manajemen puskesmas di Kota Semarang” Jelasnya.

Sementara itu Walikota Semarang, Hendrar Prihadi memberikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Kota Semarang atas inovasi yang terus dilakukan. Diharapkan dengan adanya aplikasi-aplikasi tersebut dapat menambah kemajuan layanan Kesehatan di Kota Semarang.

Info Semarang