Berita

Walikota Semarang Hadir Dalam Pembukaan Rapat Kerja Kesehatan ( Rakerkes ) DKK Semarang Tahun 2019

SEMARANG – Dinas Kesehatan Kota Semarang menggelar Rapat Kerja Kesehatan (Rakerkes) Tahun 2019 pada Senin (29/4) dan Selasa (30/4) bertempat di Hotel Pesona Semarang. Pembukaan Rakerkes bertema “ Bergerak Bersama Semarang Sehat di Era Revolusi Industri 4.0 “ tersebut  dihadiri langsung oleh Hendrar Prihadi Walikota Semarang. Dalam sambutan pembukaannya, Walikota yang akrap dipanggil Hendi tersebut mengajak semua peserta yang datang bergerak bersama untuk Semarang lebih sehat dengan pemanfaatan teknologi era sekarang yang sudah memasuki Revolusi industri 4.0.

“ Perkembangan Revolusi industri 4.0 di bidang kesehatan akan memudahkan pelayanan, baik melalui pemutakhiran hardware, perancangan software untuk dapat lebih sederhana digunakan, atau juga dengan membangun sistem kontrol pelayanan," ungkap Hendi.

“ Semua upaya itu, ujungnya harus berdampak pada dua sisi. Memudahkan kinerja para ASN, juga memudahkan masyarakat mengakses pelayanan.” Tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang juga menyampaikan kesiapan Dinas Kesehatan Kota Semarang dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Pihaknya telah menggagas layanan kesehatan, seperti mesin atm dengan sistem scanning E-KTP, dimana warga nantinya dapat mengakses rekam medis dan berkonsultasi seputar kesehatan. Hal tersebut diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam memperoleh status kesehatan.

Saat ini Dinas Kesehatan Kota Semarang telah memiliki sejumlah sistem aplikasi yang memudahkan warga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Aplikasi tersebut diantaranya adaah  Pustaka (Puskesmas Tanpa Antrian Kota Semarang), Konter (Konsultasi Dokter), Ambulance Hebat, dan UHC (Universal Health Coverage).

Setelah secara simbolis membuka acara Rakerkes 2019, Hendi pun langsung menemui sejumlah media yang sudah menunggu di ruang presscon yang sudah disiapkan oleh panitia. Setelah itu, Hendi dengan ditemani dr. Widoyono meluncurkan sejumlah inovasi layanan kesehatan terbaru seperti Si KOMIKKU  (Sistem Komunikasi Kesehatan Ibu), SI KEMPLING (Sistem Kesehatan Masyarakat dan Penyehatan Lingkungan), ASIK (Aplikasi Kesehatan Usia Produktif) dan terakhir SI NIKIMAS (Sistem Informasi Penilaian Kinerja Puskesmas).

Info Semarang