Berita

Menerima Kunjungan Kerja Rombongan Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan

SEMARANG – Dinas Kesehatan Kota Semarang menerima kunjungan kerja dari rombongan Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan terkait surveilans PD3I ( Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi ) , DBD dan Leptospirosis yang ada di Kota Semarang. Rombongan kunjungan kerja  tersebut diterima oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Semarang, dr. Mada Gautama M.Kes di Puskesmas Kedungmundu bersama jajarannya pada Jum’at (27/4) lalu.

Rombongan berjumlah 50 orang dan dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan, Drs. Farid Maruf MM yang membawa serta seluruh perwakilan dari 24 Puskesmas yang ada di Kabupaten Pacitan. Maksut dari kunjungan tersebut adalah untuk mengetahui surveilans PD3I, DBD dan Leptospirosis yang ada di Kota Semarang.

Di kota Semarang sendiri, dari data Laporan Perkembangan PD3I tahun 2018 untuk cakupan imunisasi dasar lengkap pada tahun 2018 telah mencapai 100%. Kasus DBD pun menurun dari kasus tahun 2017 sejumlah 299 penderita menjadi 72 penderita. Sementara itu kasus Leptospirosis juga menurun dari tahun 2017 sejumlah 55 kasus menjadi 46 kasus pada tahun 2018. Upaya penanggulangan yang dilakukan di kota Semarang melibatkan lintas sector, Peningkatan surveilans dan Peningkatan peran serta masyarakat.

dr. Mada berharap paparan materi dan diskusi kasus yang dilakukan pada kunjungan kerja tersebut dapat memberikan gambaran surveilans PD3I, DBD dan Leptospirosis yang ada di Kota Semarang kepada rombongan Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan, sehingga dapat memberikan manfaat dan inspirasi kepada rombongan Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan terkait surveilans PD3I dan penanggulangan DBD juga Leptospirosis.

Info Semarang