Berita

Persiapkan Layanan Tanpa Kertas, DKK Semarang Kumpulkan Kordinator Sistem Informasi Kesehatan Seluruh Puskesmas

SEMARANG - Dinas Kesehatan Kota Semarang terus meningkatkan kinerja dalam hal pelayanan publik, guna mempermudah dan mengefisiensi antrian di Puskesmas dengan melengkapi Sarana dan Prasarana yang saat ini sudah ada.

Selasa (23/4), Dinas Kesehatan Kota Semarang melalui Bidang Sumber Daya Kesehatan mengadakan pertemuan dengan koordinator Sistem Informasi Kesehatan yang ada di Puskesmas. Bertempat di ruang aula kantor DKK Semarang, pertemuan yang dihadiri 37 Puskesmas tersebut dipimpin oleh Kepala Seksi Informasi Kesehatan dan Pengendalian Sarana Kesehatan Hanif Pandu SKM, M.Kom, M.Si.

Agenda pertemuan tersebut adalah untuk mempersiapkan layanan Puskesmas tanpa kertas atau paperless. Sebagai gantinya, DKK Semarang telah membuat suatu Sistem Informasi Kesehatan bernama Simpus atau Sistem Informasi Puskesmas yang sudah berjalan dari awal tahun 2019 ini. Dalam Aplikasi tersebut diharapkan dapat mengurangi proses pencatatan secara manual dan paperless.

Simpus akan terus dikembangkan Sebagai sistem pencatatan dan pelaporan yang terintergasi dengan Dinas Kesehatan, sehingga lebih mudah melakukan pemantauan kepada seluruh Puskesmas yang ada di Kota Semarang. Dalam waktu dekat, Simpus akan segera disinkronkan dengan Pustaka ( Puskesmas Tanpa Antrian Semarang ) agar masyarakat yang mendaftar pemeriksaan melalui Pustaka bisa secara otomatis tercatat ke Simpus juga.

Program Simpus merupakan implementasi kebijakan digitalisasi yang telah dicanangkan Pemerintah Pusat melalui Sistem Informasi Kesehatan, sehingga solusi Simpus ini adalah sebagai salah satu jawabannya.

Info Semarang