Berita

Lomba Senam Pra Lansia Tingkat Kota Semarang Tahun 2019 Dibuka Oleh Wakil Wali Kota Semarang

SEMARANG – Setelah gelaran lomba senam lansia selesai Selalu lalu, hari ini Rabu (10/4) giliran pra lansia yang berkompetisi dalam senam pra lansia yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang. Hadir dalam acara tersebut Wakil Wali Kota Semarang, Gunaryanti Rahayu yang secara langsung membuka gelaran lomba tersebut.

Dalam sambutan pembukaannya, Wakil Wali Kota yang akrap diapnggil Mba Ita tersebut menyampaikan rasa bahagianya melihat Lansia dan pra lansia yang masih sehat bugar dan produktif di usia yang sudah tidak muda lagi. Lebih lanjut, Mba Ita juga memberikan pesan dan semangat kepada lansia yang hadir.

“ Selamat berkegiatan. Semoga kegiatan senam ini tidak hanya dilakukan menjelang perlombaan, harapannya bisa mejadi aktiftas rutin yang dilakukan minimal seminggu satu kali . Ingat germas, perbanyak aktifitas fisik agar tetap bugar di usia lanjut. ” pesannya.

Perlombaan senam lansia ini diikuti oleh 14 kelompok senam lansia yang masing-masing mewakili kecamatannya. Namun ada dua kecamatan yang tidak mengirimkan perwakilannya yakni kecamatan Gayamsari dan Candisari. Setiap kelompok terdiri dari 5 orang dengan salah satu kriteria usia minimal 45 tahun. Pelaksanaan lomba ini merupakan rangkaian dari peringatan menuju hari jadi Kota Semarang ke 472 Mei mendatang.

Senam merupakan salah satu bagian dari usaha menjaga kesehatan dan kebugaran termasuk kesehatan jantung dan pembuluh darah yang bertujuan untuk menjaga tubuh agar dalam keadaan sehat dan aktif, membina dan meningkatkan kesehatan serta kesegaran jasmani dan rohani. Setelah dilakukan penilaian oleh tim juri, terpilihlah tiga juara dan tiga juara harapan yakni :

Harapan III Kecamatan Ngaliyan, Harapan II Kecamatan Semarang Utara dan Harapan I diraih oleh Kecamatan Gajahmungkur. Sementara itu Juara III Kecamatan Banyumanik, Juara II Kecamatan Semarang Selatan dan Juara I Kecamatan Gunungpati.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, dr. Widoyono berharap dengan diadakannya lomba senam lansia dan pra lansia tingkat Kota Semarang ini dapat membantu dalam menjaga kesehatan serta aktif berperan serta dalam meningkatkan kebugaran para lansia di Kota Semarang.