Berita

Sosisalisasi Jaminan Persalinan ( Jampersal ) Bersama Ibu Tia Hendrar Prihadi

SEMARANG –  Dinas Kesehatan Kota Semarang mengadakan sosialisasi Jaminan Persalianan ( Jampersal ) bersama kader dan ibu-ibu hamil di kelurahan Bangetayu Wetan tadi pagi, Kamis (21/3). Hadir dalam sosialisasi tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Krisseptiana Hendrar Prihadi didampingi Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Semarang, Endah Emayanti SKM, M.Kes dan juga lurah Bangetayu Wetan.

Kehadiran bu Tia tadi pagi untuk memberikan semangat kepada para ibu-ibu yang hadir dalam menjalani masa kehamilan. “ Selalu rutin periksakan kehamilan ya bu, jangan menunggu ada keluhan-keluhan. Jangan lupa asupan makannya juga diperhatikan. Perbanyak dahar yang sehat njih, sayur dan buah. Jangan capek-capek juga, istirahat yang cukup jangan banyak pikiran. “ pesannya.

Bu Tia juga menekankan peran PKK dalam menurunkan angka kematian ibu hamil di Semarang dengan pendampingan, sosialisasi dan edukasi tentang kesehatan ibu hamil. “ Peran kita di sini untuk membantu pemerintah dalam menurunkan angka kemantian ibu hamil. Caranya bagaimana? kita lakukan pendampingan dan edukasi kepada ibu-ibu hamil di lingkungan kita. Ada Gasurkes juga yang kapan saja siap membantu kita dalam memberikan edukasi dan pendampingan tersebut. Jadi mari kita bersama-sama bergerak untuk menekan angka kematian ibu hamil dan nifas ini.” Tambahnya.

Sampai dengan minggu ke sepuluh tahun 2019, tercatat enam kasus kematian ibu hamil di Kota Semarang. Sedangkan tahun ini, Dinas Kesehatan Kota Semarang memiliki target maksimal 13 kasus atau kurang. “ Semoga angkanya tidak bertambah sampai akhir tahun, sudah cukup enam saja.” Ungkap Endah Emayanti.

Jampersal sendiri, adalah jaminan pembiayaan pelayanan persalinan yang meliputi pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan, pelayanan nifas termasuk pelayanan KB pasca persalinan dan pelayanan bayi baru lahir. Sasaran yang dijamin oleh Jaminan Persalinan adalah Ibu hamil, Ibu bersalin, Ibu nifas ( sampai 42 hari pasca melahirkan), Bayi baru lahir (sampai dengan usia 28 hari).

Info Semarang