Berita

Pengarahan Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Kepada 9 Nakes Teladan yang Akan Maju ketingkat Provinsi

SEMARANG –Penyelenggaraan pemberian penghargaan bagi tenaga kesehatan (nakes) teladan tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 telah dimulai. Proses penilaian ini dilaksanakan secara berjenjang melalui seleksi tingkat puskesmas dari masing-masing kabupaten/kota dan dilanjutkan dengan pengiriman usulan calon tenaga kesehatan teladan dari kabupaten/kota ketingkat provinsi.

Dinas Kesehatan Kota Semarang telah mempersiapkan Sembilan nakes teladannya untuk mendapatkan point terbaik penilaian tim Juri. Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, dr. Widoyono secara langsung memberikan pengarahan dan pendampingan kepada Sembilan nakes tersebut yang terdiri dari :

  1. Dokter madya : dr.Dian Rukmorini,
  2. Dokter gigi : drg. Rahma Delfi, MKes,
  3. Apoteker muda : Arvin Falzafun, S.Farm, Apt,
  4. Penyuluh Kesehatan Muda : Fitriana Prariwi, SKM,
  5. Perawat muda : Ns. Hendayani, S.Kep,
  6. Bidan : Suhartini, Amd. Keb,
  7. Asisten apoteker : Tenny Rachmawati, Amd,
  8. Nutrisionis : Lani Aryani, Amd. Gz,
  9. Sanitarian : Saiful Bahri, Amd

Pengarahan yang diberikan kepada Sembilan nakes tersebut berkaitan dengan materi dan konten makalah yang nanti akan dipresentasikan kepada tim juri. dr. Widoyono secara langsung mengajarkan bagaimana membuat materi presentasi yang sistematis, komprehensif dan mudah dimengerti.

Bahkan beliau juga memberikan pengarahan cara mempresentasikan materi di hadapan tim juri. Selain memberikan pengarahan teknis, dr. Widoyono juga memberikan suntikan semangat kepada sembilan nakes yang nanti akan berjuang menjadi yang terbaik dari nakes lainnya di 35 kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah.

Diakui oleh salah satu nakes yang turut dalam pengarahan tersebut, perhatian dan kepedulian dr. Widoyono kepada para Sembilan nakes yang akan berjuang membuat haru dan semakin bersemangat untuk melakukan yang terbaik.

Tahap penilaian nakes teladan tingkat provinsi Jawa Tengah saat ini masih dalam pengecekan makalah inovasi bidang kesehatan yang diusung nakes yang bersangkutan. Nantinya, jika inovasi dan makalahnya memenuhi syarat maka nakes yang bersangkutan akan diundang untuk mempresentasikan makalah inovasinya. Kemudian akan dilakukan kunjungan lapangan berkaitan dengan inovasi tersebut.

Penghargaan kepada nakes teladan ini merupakan upaya Kemenkes RI meningkatkan motivasi nakes di Puskesmas sesuai Permenkes RI Nomor 23 Tahun 2016 karena Puskesmas dianggap sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Info Semarang