Berita

Kunjungan Studi Banding Dinas Kesehatan Kabupaten Tagal

SEMARANG – Dinas Kesehatan Kota Semarang menerima kunjungan rombongan Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal pada Jum’at, (8/3). Maksud dari kunjungan tersebut adalah untuk melakukan studi banding berkaitan dengan perjinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan Laik Sehat yang ada di Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Rombongan berjumlah 5 orang dan dipimpin oleh Kepal Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, dr. Hendadi Setiaji M.Kes. Tiba di Kantor Dinas Kesehatan Kota Semarang pukul 09.00 Wib dan langsung diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang di ruang Aula Kepala Dinas .

Pertemuan dimulai dengan penyampaian maksud dan tujuan dari kunjungan Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal. dr. Hendadi menyampaikan pihaknya ingin belajar dari Dinas Kesehatan Kota Semarang terkait perijinan PIRT dan laik sehat untuk pelaku usaha pangan rumahan yang ada di Kota Semarang.

PIRT atau Pangan Industri Rumah Tangga merupakan salah satu izin yang wajib dimiliki oleh produsen produk pangan. Sedangkan Sertifikat laik sehat rumah makan/restoran adalah surat tanda bukti yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, kepada rumah makan/restoran yang telah memenuhi persyaratan kesehatan yang berkaitan dengan : 1) lokasi dan bangunan; 2) fasilitas sanitasi; 3) dapur dan gudang penyimpanan; 4) pengelolaan bahan makanan dan makanan jadi; 6) peralatan dan tenaga baik secara fisik maupun bakteriologis; dan 7) pengawasan serangga tikus dan hewan piaraan.

Dalam agenda menerima kunjungan tersebut, Dinas Kesehatan Kota Semarang yang dipimpin oleh dr. Widoyono MPH berbagi cara dan upaya percepatan dalam melakukan pelayanan ijin PIRT dan laik sehat yang ada di Kota Semarang. dr. Widoyono berharap apa yang dipaparkan oleh pihaknya dapat memberikan pencerahan kepada rekan-rekan yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dalam melakukan pelayanan ijin PIRT di Kabupaten Tegal.

Info Semarang