Berita

Ambulan Hebat, terdepan dalam melayani Kegawat Daruratan di Kota Semarang

SEAMARANG - Dibawah kepemimpinan Wali Kota Hendrar Prihadi, kota Semarang telah menerapkan beberapa sistem yang berkonsep dengan Smart City dalam mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Mulai dari pemasangan wifi gratis dibanyak taman-taman kota, sistem perijinan online, pajak online, hingga sistem pelaporan online melalui "Lapor Hendi", pusat pengaduan dan call center 112, serta control system yang terintegrasi di Situation Room.

Tidak hanya itu, Hendi sapaan akrab Wali Kota Semarang itu juga mempermudah masyarakat di bidang layanan kesehatan. Diantara pelayanan kesehatan tersebut, muncul Ambulan Hebat yang merupakan layanan smart untuk tanggap gawat darurat di kota Semarang.

Januari 2017 lalu, Hendi meluncurkan layanan Ambulan Hebat yang diberi nama Si Cepat. Ambulan Hebat tersebut merupakan Pusat pelayana kesehatan yang menjamin kebutuhan masyarakat dalam hal kegawat daruratan medis, yang dapat dihubungi melalui call center 112 atau 1500-132 dalam waktu singkat di manapun berada dan sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendapatkan respon cepat.

Tersedia 5 unit Ambulan Hebat yang tersebar di beberawa wilayah kota Semarang dengan homebase di Puskesmas Karang Malang, Puskesmas Halmahera, Puskesmas Srondol, Puskesmas Bangetayu dan Puskesmas Pandanaran. Pelayanan Ambulan Hebat ini gratis tidak dipungut biaya sama sekali selama 24 jam non stop. Dilengapi dengan peralatan standart Kegawat daruratan dan juga tenaga medis yang mumpuni yakni 10 dokter umum, 25 perawat, 25 bidan, 5 operator dan 20 driver.

Berdasarkan data dari Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Semarang, pasien Ambulan Hebat meningkat dari tahun 2017 sejumlah 871 kasus menjadi 5.511 kasus pada tahun 2018. Dengan peningkatan kasus tersebut artinya, banyak masyarakat Kota Semarang yang membutuhkan pelayanan Ambulan Hebat sehingga Ambulan Hebat menjadi terdepan dalam melayani kegawat daruratan di Kota Semarang.

Info Semarang