Berita

Menerima Kunjungan Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo Terkait Pelayanan Kesehatan yang Ada di Kota Semarang

SEMARANG – Dinas Kesehatan Kota Semarang menerima kunjungan dari Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo pada Jum’at, (22/2). Maksud dari kunjungan tersebut adalah untuk melakukan studi komparasi berkaitan dengan penganggaran dan inovasi pelayanan kesehatan yang ada di Kota Semarang.

Rombongan berjumlah 15 orang dan dipimpin oleh Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo, H. Usman, M.Kes. Tiba di Kantor Dinas Kesehatan Kota Semarang pukul 09.00 Wib dan langsung diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang di ruang Aula Kepala Dinas .

Pertemuan dimulai dengan penyampaian maksud dan tujuan dari kunjungan Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo. Disampaikan oleh Usman bahwa Kabupaten Sidoarjo ingin mempelajari inovasi pelayanan kesehatan yang ada di Kota Semarang, terutama besaran anggaran yang dikeluarkan walaupun dalam undang-undang sudah diatur besarannya 10% dari APBD untuk program kesehatan.

Disinggung pula terkait upaya Dinas Kesehatan Kota Semarang dalam menurunkan angka kasus DBD. Kasus DBD yang ada di Kota Semarang sendiri mengalami penurunan sejak empat tahun terakhir yakni 2015 : 1.737 kasus, 2016 : 448 kasus, 2017 : 299 kasus dan 2018 : 103 kasus.  Upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Semarang salah satunya dengan menggerakan Gasurkes (Petugas Surveilans Kesehatan) yang fokus mencari jentik dan menstimulan satu rumah satu jumantik.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang berharap studi komparasi tersebut dapat memberikan manfaat dan inspirasi kepada Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo dalam penganggaran dan inovias pelayanan kesehatan di Kabupaten sidoarjo.

Info Semarang