Berita

Kota Semarang Terus Berbenah Untuk Menjadi Kota Ramah Lansia

SEMARANG - Indonesia merupakan negara terbesar keempat di dunia yang memiliki penduduk lansia tertinngi, setelah China, Amerika dan India. Dengan presentase 9,03% dari seluruh penduduk Indonesia. Di Kota Semarang sendiri tak sedikit penduduk yang sudah berstatus lanjut usia, yaitu sebanyak 155 ribu jiwa. Dimana mereka juga memerlukan perhatian khusus dari pemerintah.


Komda Lansia Kota semarang sendiri merupakan Komisi Daerah yang bergerak untuk mewujudkan lansia yang produktif dan sehat. Komda Lansia untuk pertama kalinya melaksanakan rapat kerja pada Rabu (13/2) di Hotel Aston Inn Semarang. Hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota Semarang, Hevearita G. Rahayu yang juga sebagai Ketua Komda Lansia.

Dikutip dari website resmi Pemkot Semarang, Wakil Walikota yang akrap dipanggil Mba Ita tersebut mendukung penuh Komda Lansia ini. “Kami jajaran pemerintah kota bersama OPD sangat support, karena selain sudah tertera dalam undang-undang mengenai kesejahterran Lansia. Nantinyapun kita akan menjadi bagian dari lansia.” Jelas Mba Ita.

Untuk mewujudkan kehidupan lansia yang sejahtera, berkualitas, mandiri dan memiliki daya guna. Komda lansia memiliki beberapa program kerja salah satunya senam rutin seminggu sekali.  Karena dukungan kesehatan adalah hal yang tidak bisa ditinggalkan untuk lansia

Delapan indikator utama yang dinilai untuk Kota layak lansia meliputi ruang terbuka dan bangunan, transportasi, perumahan, partisipasi social, penghormatan dan keterlibatan social, partisipasi sipil dan pekerjaan, komunikasi dan informasi, serta dukungan masyarakat dan pelayanan kesehatan.

“Akan menjadi masalah juga jika terjadi dukungan sosial yang tidak ramah untuk lansia. Kota semarang sendiri akan terus berbenah untuk menjadi kota yang ramah lansia. Selain untuk membangun semangat dan kebersamaan, diharapkan juga dapat menambah semangat kalangan yang masih muda.” Lanjutnya.  

Info Semarang