Berita

Himbauan Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Saat Musim Penghujan

SEMARANG  Musim Hujan telah tiba. Saat musim hujan, tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Hal itu terjadi karena adanya perubahan suhu pada lingkungan. Di saat musim hujan pula, mikroba lebih mudah berkembang biak dan menginfeksi tubuh manusia. Tubuh dengan daya tahan lemah menjadi incaran empuk bakteri dan virus.

Sederet gangguan kesehatan akan muncul bila kita tidak menjaga kesehatan dengan baik . Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, dr. Widoyono MPH mengingatkan kepada warga Kota Semarang untuk menjaga kesehatan dimusim menghujan dengan banyak minum air putih dan vitamin penambah daya tahan tubuh.

“ Cuaca akhir-akhir ini kan siang panas sekali, nanti sorenya langsung mendung kemudian hujan deras. Kondisi seperti itu bisa membuat daya tahan tubuh menurun. Makannya harus perbanyak minum air putih, bila perlu ya minum vitamin juga.” Ujar beliau saat ditemui di ruangannya.

Penyakit yang rentan menyerang tubuh saat musim penghujan biasanya flu, batuk, sesak nafas, pilek, masuk angin sampai demam berdarah. Untuk mencegah DBD, dr. Widoyono juga punya tips sederhana. “ Nggak kalah pentingnya juga, saat musim penghujan begini mulai bersih-bersih rumah dan lingkungan di sekitar. Buang barang-barang bekas yang tidak dipakai lagi biar tidak menjadi sarang nyamuk. Rajin cek bak mandi dan tempat-tempat menyimpan air di rumah, apakah ada jentik nyamuk atau tidak. Bila perlu pakai lotion anti nyamuk setiap hari.” Tutupnya.

Info Semarang