Berita

Peresmian Puskesmas Pembantu Jabungan

SEMARANG – Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang meresmikan Puskesmas Pembantu (Pustu) Jabungan di Kelurahan Jabungan Kecamatan Banyumanik hari ini, Selasa (7/1). Peresmian dimulai pukul 10.00 Wib dan dihadiri pula Camat Banyumanik, Lurah Jabungan, Kepala Puskesmas Padangsari dan Pudak Payung, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkatibmas), RT, RW dan beberapa tokoh masyarakat setempat.

Walaupun baru diresmikan, Pustu Jabungan Sebenarnya sudah membuka pelayanan sejak tanggal 2 Januari lalu. Terhitung ada 75 pasien terdaftar sejak dibuka tanggal 2 Januari tersebut. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Puskesmas Padangsari, dr. Julius Tjandra.

“ Sebenarnya sudah dibuka pelayanan sejak tanggal 2 Januari kemaren. Kita sengaja buka lebih awal agar bisa secepatnya melayani warga sekitar sini. “ tutur beliau. “ Terimaksih kepada walikota Semarang dan juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang yang sudah menaruh perhatian besar pada warga Jabungan sini untuk dibuatkan Puskemas Pembantu.” Tambahnya disela sambutan saat membuka acara. Perlu diketahui bahwa kelurahan Jabungan merupakan wilayah kerja Puskesmas Padangsari.

Jarak yang terlalu jauh dari Puskesmas menjadi alasan kenapa Pustu Jabungan segera didirikan untuk memenuhi pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara menyeluruh. Pasalnya, ada empat Pustu yang diajukan ke pihak Dinas Kesehatan namun Pustu Jabungan terpilih karena alasan urgency lokasi yang memang perlu dibantu.

“ Sebenarnya tahun lalu sudah ada empat Pustu yang diajukan, tapi memang kita mengutamkaan Pustu Jabungan ini dulu atas perintah bapak Walikota. Beliau sangat prihatin ketika beberapa waktu lalu meninjau lokasi daerah sini yang jauh dari fasilitas kesehatan. “ ungakp dr.Widoyono MPH Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Harapannya, Pustu Jabungan tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar dengan baik. “ Pustu tidak hanya digunakan untuk berobat saja, tetapi juga untuk penyuluhan kesehatan masyarakat. Saya berharap warga sini semua sehat-sehat saja. “ Tutup beliau.

Info Semarang