Berita

Resolusi Kesehatan Tahun 2019

SEMARANG - Tahun baru perlu disambut dengan semangat baru dan serangkaian resolusi baru. Sebelum membuat resolusi pencapaian karier dan sebagainya, akan ada baiknya jika resolusi yang utama adalah tentang kesehatan tubuh kita. Kesehatan jiwa dan raga sangatlah berpengaruh dengan kualitas hidup. Jadi tidak ada salahnya untuk memasukan kesehatan pada daftar resolusi ditahun 2019 ini. Untuk menjalani hidup sehat perlu sebuah rencana yang tepat untuk mencapainya. Berikut beberapa kemungkinan rencana sehat yang dapat dilakukan pada tahun 2019.

Menambah Semangat GERMAS

Mungkin sudah tidak asing lagi istilah GERMAS dalam dunia kesehatan beberapa tahun terakhir ini. GERMAS adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang merupakan Program Kementrian Kesehatan Republik Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. GERMAS dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban.

Mendapatkan Vaksin 

Agar aktifitas harian yang kita jalani tidak terhambat karena flu, dapatkan vaksin yang dibutuhkan seperti untuk influenza. Vaksin influenza dapat membantu mengurangi resiko terjadinya influenza. Namun vaksin ini harus melalui konsultasi dan pengawasan dokter ya.

Memiliki Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Kurang tidur dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti gangguan pada jantung, obesitas dan diabetes tipe 2. Atur jam tidur sebaik mungkin, dapatkan tidur yang cukup dan berkualitas selama minimal 7 jam setiap malam.  

Mengurangi Stress

Mengatur stress diperlukan untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Untuk mengurangi stress, dapat dilakukan dengan melakukan olahraga seperti yoga atau melakukan meditasi. Sesekali berkumpul bersama teman atau sahabat untuk ngobrol dan bercanda saat penat dengan rutinitas sehari-hari.

Mencuci Tangan dengan Tepat

Cuci tangan dengan sabun atau menggunakan cairan antiseptik pada aktifitas sehari-hari untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri atau virus. Kegiatan ini banyak disepelekan, namun lebih baik dilakukan sebagai upaya pencegahan.

Nah jika lima rencana kesehatan di atas kamu lakukan dengan baik, pasti 2019 kamu akan menjadi manusia lebih sehat lagi. Ingat ya, sehat juga bagian dari investasi berharga. Jadi mulai sekarang ayok kita investasi kesehatan dengan berperilaku hidup sehat.

Info Semarang