Berita

DKK Semarang Sosialisasi HIV/AIDS Dikalangan Pelajar dan Mahasiswa Dengan Memutar Film Dokumenter HIV Bersama

SEMARANG -  Sebagai bentuk upaya pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS dikalangan pelajar, Dinas Kesehatan Kota Semarang mengadakan sosialisasi dengan para siswa dan siswi SMA. Metode sosialisasi yang digunakan Dinas Kesehatan Kota Semarang kali ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya, yakni dengan mengadakan nonton bareng film dokumenter tentang HIV.

Bertempat di studio mini Pusat Informasi Publik Balaikota Semarang, acara nonton bareng tersebut diikuti oleh 50-an siswa dari SMA Negeri 3 Semarang . Hadir pula perwakilan dari KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) kota Semarang dan anggota DPRD komisi D.

Film documenter yang berdurasi 90 menit tersebut disaksikan dengan antusias oleh siswa siswi SMA Negeri 3 Semarang dan anggota DPRD yang datang. Menceritakan tentang Aldo, pemuda yang hidup dengan HIV dan harus minum AVR selama hidupnya berjuang dalam membantu kekasihnya keluar dari masalah terror karena kecerobohannya dalam menyimpan file foto saat bermesraan dengan kekasihnya yang dulu.

Meskipun tidak secara tegas menceritakan tentang Aldo yang hidup dengan HIV, namun film berjudul Balukarna tersebut cukup epic dalam menyampaikan pesan tentang seorang ODHA yang bisa hidup normal berdampingan dengan masyarakat lainnya.

Slamet Riyadi, sang penulis scenario yang juga aktif dalam kegiatan pencegahan HIV AIDS tersebut bercerita bahwa dia tidak mau membuat sebuah film documenter yang dipenuhi dengan himbauan atau pengetahuan tentang HIV lagi. “ Maindset yang sekarang harus dibangun adalah bahwa ODHA berhak hidup layak bersama masyarakat. Yang kita jauhi adalah virusnya, bukan penderitanya. “ begitu tutur pria yang pernah aktif di WHO tersebut.

Setelah pemutaran film selesai, Slamet Riyadi membuka diskusi seputar pengetahuan tentang HIV AIDS dengan para siswa dan siswi yang datang. Disambung juga sambutan dan motivasi dari Anggota DPRD komisi D. Acara nonton bareng film Balukarna ini akan diadakan lagi tanggal 20 Desember mendatang bersama para mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi.