Nakes Teladan Tahun 2018 : Penyuluh Kesehatan

Menurut Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018, Hipertensi merupakan penyakit tidak menular yang selalu meningkat trend nya. Penderita Hipertensi beragam usianya mulai dari umur 15 tahun (remaja) hingga diatas 75 tahun (lansia). Dari 25,8 % yang mengalami hipertensi, 2/3 diantaranya tidak mengetahui bahwa dirinya terdiagnosis hipertensi dan hanya 0,7 % nya saja yang mendapatkan pengobatan hipertensi secara teratur. Hal ini juga didukung oleh hasil Pendataan Keluarga Sehat dalam Program PIS-PK di Kelurahan Pudakpayung Tahun 2017 yang lalu.

Sejalan dengan visi Puskesmas Pudakpayung yaitu Mewujudkan Masyarakat Hidup Sehat Secara Mandiri, maka upaya promosi kesehatan di Puskesmas Pudakpayung dilakukan agar masyarakat wilayah binaan puskesmas mampu berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai bentuk pemecahan masalah kesehatan dihadapinya secara mandiri.

Melihat potensi yang ada di masyarakat, maka Fitriana Pratiwi, SKM seorang penyuluh kesehatan masyarakat atau Promotor Kesehatan di UPTD Puskesmas Pudakpayung menggagas sebuah inovasi yaitu Pemberdayaan Remaja Atasi Hipertensi yang disingkat DAYA RETASI.

Kegiatan nya antara lain yaitu Sosialisasi Gerakan Remaja Sadar Penyakit Tidak Menular (GELAR TIKAR) dan sekaligus pelatihan Agen Pemuda Pembawa Perubahan (DAMBAAN) dimana remaja ini akan memaksimalkan potensi dirinya agar bisa membawa perubahan bagi dirinya sendiri, teman teman nya dan masyarakat di sekitarnya melalui kegiatan Upaya Promosi Kesehatan di lingkungan nya

Melalui kegiatan SUNSET BUMIREJO (Sunday Sehat) di Taman Bumirejo yang terletak di RW VI Kelurahan Pudakpayung, remaja mulai melakukan aksinya untuk ikut serta dalam upaya pencegahan penyakit tidak menular terutama Hipertensi dengan melakukan aksi sosial pengukuran tekanan darah gratis dan sosialisasi penyakit tidak menular terhadap masyarakat pengunjung Taman Bumirejo setiap Minggu Pagi sejak 25 November 2018 silam.  

Upaya promosi kesehatan ini mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat dan di tahun 2019 ini inovasi DAYA RETASI ini akan dikembangkan dengan kegiatan lainnya yaitu Posyandu Remaja dan Deteksi Dini Kesehatan Usia Produktif dengan aplikasi android yang dilakukan oleh Remaja itu sendiri.                        

Peserta SUNSET BUMIREJO mendapatkan Informasi Kesehatan yaitu Sosialisasi
Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) untuk mencegah Penyakit Tidak Menular


Pengunjung Taman Bumirejo tampak antusias mengikuti kegiatan SUNSET BUMIREJO

Pendampingan Kegiatan SUNSET BUMIREJO oleh Promotor Kesehatan Puskesmas Pudakpayung

Masyarakat menjadi SEHAT, BUGAR dan PRODUKTIF setelah mengikuti kegiatan SUNSET BUMIREJO

 

Info Semarang