Kegiatan

Perbaiki Kualitas Data, Dinkes Revisi Format Pelaporan Puskesmas dengan SIP

Semarang. Data kesehatan yang berkualitas merupakan suatu keharusan yang terus diusahakan oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang. Perencanaan dan evaluasi data dilakukan untuk memperbaiki dan menyusun data kesehatan yang dapat mendukung proses pengambilan kebijakan yang tepat. Kebijakan kesehatan yang diambil harus tepat sasaran demi mewujudkan masyarakat Kota Semarang yang semakin sehat.

Data yang berkualitas sangat penting untuk mengurangi risiko dari keputusan atau kebijakan yang berbahaya dan sebagai dasar dalam mengembangkan strategi kebijakan kesehatan. Sebagaimana ungkapan Garbage In Garbage Out, jika data yang digunakan dalam pengambilan kebijakan kurang berkualitas, maka kebijakan yang diambil pun akan kurang efektif dan efisien.

Data kesehatan yang berkualitas dapat dilihat dari berbagai aspek, diantaranya data harus akurat (benar), komprehensif (lengkap), dapat diakses ketika membutuhkan, dan relevan dengan tujuan pengumpulan data tersebut.

Demi menghasilkan data yang semakin berkualitas, Dinas Kesehatan Kota Semarang terus berbenah. Melakukan perbaikan dimulai dari proses pengumpulan data hingga mengembangkan aplikasi yang dapat mendukung pengumpulan data serta mempermudah akses terhadap data. Dalam proses pengumpulan data, format isian data kesehatan yang dihimpun dari Puskesmas se-Kota Semarang secara rutin, dievaluasi dan dibuat suatu format pelaporan yang baru. Hal ini bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan data yang semakin berkembang sesuai dengan situasi kesehatan saat ini.

Koordinasi dan evaluasi dari semua pemegang program kesehatan Dinas Kesehatan Kota Semarang telah dilakukan pada bulan Januari 2018 untuk merumuskan suatu format pelaporan baru, yang selanjutnya akan diteruskan kepada semua Puskesmas di Kota Semarang sebagai ujung tombak pengumpul data di lapangan. Format pelaporan yang baru ini tetap mengacu pada format pelaporan yang dirancang oleh Kementrian Kesehatan namun tetap disesuaikan dengan kebutuhan Kota Semarang. Format ini akan segera digunakan mulai bulan Februari 2018.

Selanjutnya dirancang suatu sistem sebagai wadah pengumpul data yang dapat diakses dan diinput secara online oleh Puskesmas. Ke depannya, semua pemegang program akan dapat mengakses laporan dari Puskesmas secara online dan realtime sehingga akan dapat lebih mudah dalam menganalisis data menjadi bahan pendukung untuk merumuskan kebijakan kesehatan yang efektif dan efisien.

Diharapkan dengan adanya pembaruan sistem dan format pelaporan yang baru, akan dapat dihasilkan data dan kebijkan kesehatan yang lebih bermanfaat bagi masyarakat Kota Semarang.